Info Mudik 2019

Area One Way Tol Trans Jawa Diperluas Hingga GT Kalikangkung Semarang

Kepadatan kendaraan yang terjadi di ruas tol Jakarta Cikampek arah timur jalur Tol Trans Jawa.

Area One Way Tol Trans Jawa Diperluas Hingga GT Kalikangkung Semarang
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Suasana kepadatan arus lalu lintas di KM 16 Tol Jakarta Cikampek arah timur Trans Jawa. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Kepadatan kendaraan yang terjadi di ruas tol Jakarta Cikampek arah timur jalur Tol Trans Jawa.

Hal itu menyebabkan area pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way, diperpanjang hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Sebelumnya, one way diberlakukan dari KM 70 Tol Jakarta Cikampek hingga ke KM 263 Tol Pejagan Pemalang.

Namun, memasuki H-4 lebaran atau Sabtu (1/6/2019), kepadatan kendaraan terjadi di beberapa titik ruas tol.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, kepadatan kendaraan mulai terjadi sejak dini hari tadi hingga memasuki siang ini, mengakibat kendaraan terutama di titik jelas rest area.

"Saat ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan masih terpantau padat di beberapa titik, terutama menjelang rest area," kata Irra dalam keterangan pers.

Irra menjelaskan, kebijakan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way merupakan dikresi kepolisian dimana, waktu pemberlakuan dan area pelaksaannya sangat tergantung pada situasi kepadatan kendaraan.

"Pemberlakuan one way diputuskan dengan terlebih dahulu dipastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta," jelas dia.

Selain itu, di ruas Tol Jakarta Cikampek sampai saat ini juga masih diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dimulai dari KM 34+800 sampai KM 53+200. Kemudian disambung lagi dari KM 61 hingga KM 70 sebagai integrasi ke jalur rekayasa lalu lintas satu arah atau one way.

Banyak Pemudik Jadi Alasan Lasmi Jualan Uang Baru di Terminal Kalideres

H-4 Lebaran Jumlah Pemudik Terus Meningkat di Stasiun Gambir

Pantauan TribunJakarta.com, hingga pukul 14.15 WIB, kondisi arus lalu lintas di KM 16 Tol Jakarta Cikampek masih mengalami kepadatan.

Deputi General Manager Traffic Management Jasa Marga Cabang Tol Jakarta Cimapek, Cece Kosasih mengatakan, kepadatan terjadi dari KM 10 hingga KM 57.

Cece menjelaskan, kepadatan kendaraan mulai nampak dari KM 10 hingga KM 14, lalu dilanjut dari KM 16 sampai KM 21, kemudian padat lagi dari KM 30 sampai KM 33.

"KM 39 sampai 49 bagus. Nah, 49 ke 50 padat lagi karena rest area, kemudian 57 padat,” jelas Cece.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved