Jokowi: Mari Jadikan Pancasila Sebagai Paham Penangkal Terorisme dan Sparatisme

Jokowi juga mengajak seluruh Rakyat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila dengan komitmen saling toleran, hidup rukun dan gotong royong

Jokowi: Mari Jadikan Pancasila Sebagai Paham Penangkal Terorisme dan Sparatisme
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019) pagi 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi menjadi Inspektur ‎dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019) pagi.

Tampak Jokowi menggunakan baju adat Jawa lengkap dengan beskap hitam dan blangkon serta kain jarik senada berwarna coklat. Dia memimpin upacara dari atas podium.

Dalam amanatnya, Jokowi mengatakan masyarakat harus bersyukur karena Indonesia memiliki Pancasila sebagai pemandu kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Puji Syukur Indonesia mendapat Pancasila, yang jadi benteng ideologi penangkal bahaya dan jadi rumah bersama komponen bangsa," ucap Jokowi.

Lanjut Jokowi juga mengajak seluruh Rakyat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila dengan komitmen saling toleran, hidup rukun dan gotong royong.

"Seluruh Rakyat Indonesia mari peringatan ini kita manfaatkan juga untuk menjadikan Pancasila sebagai paham penangkal terorisme dan sparatisme yang mengancam Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila," tambahnya.

Jokowi‎ Kenakan Pakaian Adat Jawa saat Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila

KPK Buat Sejarah Baru, Satu Keluarga Dijebloskan ke Penjara Akibat Kasus Proyek SPAM

‎Pantauan Tribunnews.com peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini turut dihadiri oleh Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Tri Sutrisno‎, Wakil Presiden ke-11 Boediono, para menteri Kabinet Kerja, keluarga pejuang perumus Pancasila, para pemuka agama.

Hadir pula para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) seperti Plt Kepala BPIP Hariyono, Mahfud MD, Said Aqil Siroj, Sudhamek, Buya Syafii Maarif, Romo Benny Susetyo hingga pimpinan para lembaga dan institusi negara.

Mayoritas seluruh tamu undangan yang hadir menggunakan baju adat mewakili daerah-daerah di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Ajak Masyarakat Saling Toleran dan Lawan Paham AntiPancasila

Editor: Muhammad Zulfikar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved