Lebaran 2019

Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik, Arus Lalu Lintas H-3 Lebaran di Kalimalang Lancar

Sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB tadi, jumlah kendaraan roda empat yang melintasi Kalimalang diperkirakan sekitar 650.

Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik, Arus Lalu Lintas H-3 Lebaran di Kalimalang Lancar
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi arus lalu lintas di jalan arteri Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Prediksi puncak arus mudik di jalur arteri Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur yang terjadi pada H-3 hari raya Idul Fitri meleset karena arus lalu lintas hari justru lenggang.

Personel Satlantas Polres Jakarta Timur Aipda Roy mengatakan sejak pagi hingga menjelang tengah malam arus lalu lintas di Kalimalang lenggang layaknya hari biasa.

"Memang prediksi kita hari ini puncaknya, tapi kenyataannya arus lalu lintas di Kalimalang justru lenggang. Enggak ada penumpukan kendaraan sama sekali," kata Roy Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019).

Merujuk data Satlantas Polres Jakarta Timur, jumlah pemudik yang melintas pada Sabtu (1/6/2019) kemarin lebih banyak dibanding hari ini.

Pun jumlahnya juga tak sampai membuat jalur arteri Kalimalang yang kondang di kalangan pemudik sejak lama macet parah.

"Lebih ramai kemarin, pas malam Minggu. Itu pun jumlahnya enggak banyak, beda jauh kalau dibanding tahun lalu. Kemungkinan pemudik sudah berangkat lebih awal dari jauh hari," ujarnya.

Sederet Wahana Baru Diamankan Avengers hingga Tips Asyik Habiskan Libur Lebaran di Ancol

Sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB tadi, jumlah kendaraan roda empat yang melintasi Kalimalang diperkirakan sekitar 650, sementara sepeda motor 1.200.

Sementara untuk perkiraan pemudik yang melintas saat malam, Roy mengaku belum dapat memastikannya karena butuh waktu.

"Tahun ini benar-benar berbeda dibanding tahun lalu, kalau tahun lalu H-3 itu pasti macet. Banyak penumpukan kendaraan di sejumlah titik, tapi kalau sekarang enggak ada," tuturnya.

Sebelumnya Kasat Lantas Polres Jakarta Timur AKBP Sutimin mengatakan Kalimalang masih jadi primadona bagi pemudik roda empat dan roda dua yang hendak menuju Jawa.

Dari beberapa tahun sebelumnya, Satlantas Polres Jakarta Timur mencatat H-3 dan H-2 jadi merupakan puncak arus mudik terjadi.

"Kalau cek data di tahun sebelumnya itu H-3, itu yang maksimal atau H-2. Karena ada jeda satu hari bagi masyarakat untuk melaksanakan salat ied di kampungnya ya," kata Sutimin, Selasa (28/5/2019).

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, kelancaran arus lalu lintas di Kalimalang membuat pengendara sepeda motor mampu memacu kendaraannya hingga kecepatan mencapai 50 kilometer per jam.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved