Ani Yudhoyono Meninggal

Kenangan Penggali Makam Ani Yudhoyono Saat SBY Jadi Presiden: Diangkat Jadi ASN

"Saya diangkat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) tahun 2009, pas masa pemerintahan pak SBY," kata Saudi

Kenangan Penggali Makam Ani Yudhoyono Saat SBY Jadi Presiden: Diangkat Jadi ASN
TribunJakarta/Bima Putra
Saudi (36) di TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN- Tugas menggali makam yang dilakukan Saudi (36), Sabtu (1/6/2019) jadi satu momen paling berkesan selama bekerja sebagai penggali makam di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan.

Bersama sembilan rekannya dia menggali pusara untuk Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono​ yang meninggal di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu setempat.

Meski tak pernah berbincang secara langsung dengan Ani Yudhoyono sebelumnya, Saudi memiliki pengalaman berkesan saat Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden.

"Saya diangkat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) tahun 2009, pas masa pemerintahan pak SBY. Jadi waktu itu saya sama beberapa teman seprofesi di Indonesia diangkat jadi ASN," kata Saudi di Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Pengangkatan itu membuat dia dan sejumlah rekannnya resmi berstatus ASN di bawah naungan Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Indonesia yang mengelola TMPNU Kalibata.

Selama betugas sebagai penggali makam, dia mengaku pernah sekali berbincang dengan SBY, yakni saat SBY menghadiri pemakaman Mantan Menteri Agama KH Maftuh Basyuni.

"Dulu pernah sekali salaman dengan pak SBY, beliau titip salam buat keluarga saya. Itu juga jadi pengalaman berkesan buat saya," ujarnya.

Saat proses penggalian makam yang dimulai sekira pukul 13.30 WIB dan membutuhkan waktu sekitar tiga jam, Saudi mengaku tak ada persiapan khusus.

Dia dan sembilan rekannya hanya berdoa sejak proses penggalian makam hingga akhir liang lahat ditutup sore nanti berlangsung lancar.

"Nanti yang tutup makam juga tim saya, semoga diberi kelancaran. Pas kemarin mulai gali Alhamdulilah lancar, teman-teman yang berpuasa tetap kuat, enggak batal," tuturnya.

Terbilang Aktif di Instagram, Ani Yudhoyono Kerap Bagikan Potret Bersama Keluarga

Unggah Video Ani Yudhoyono Sedang Latihan, Annisa Pohan: Memo Maafkan Annisa

Cerita Dua Mahasiswa yang Kerja di Jakarta Fair Saat Libur Kuliah

Koordinator Protokol dan Tim Pemandu TMPNU Kalibata, Saumalani mengatakan letak makam Ibu Ani berada di belakang Hasri Ainun Habibie, istri mantan Presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie.

Makam ibu dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono itu juga berada dekat makam Jenderal Besar TNI AH Nasution.

"Di sebelah makam Ibu Ani ada makam Wakil Presiden Soedharmono beserta istri. Lokasi makam itu yang menentukan dari Garnisun," jelas Saumalani.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved