Breaking News:

FK3I Jabar Soroti Macan Kumbang yang Masuk ke Permukiman Warga di Subang

Pegiat lingkungan dari Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia ( FK3I Jabar ) menyoroti kasus macan kumbang yang turun ke permukiman warga

Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Istimewa
Macan kumbang yang masuk ke permukiman warga 

TRIBUNJAKARTA, BANDUNG - Masuknya seekor macan kumbang ke permukiman warga di Subang belakangan ini mendapatkan sorotan dari Pegiat lingkungan dari Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia ( FK3I Jabar ).

Menurut FK3I Jabar, macam kumbang turun ke permukiman warga lantaran hewan bernama latin panthera pardus melas itu terancam punah.

Koordinator FK3I Jabar, Dedi Kurniawan mengatakan pihaknya pernah mencatat kasus serupa pada 2009.

Ketika itu, lebih dari puluhan ekor macan yang keluar dari habitat mereka. Akibatnya, sebagai dari macam itu mati sedangkan sebagian lalu dititipkan di kebun binatang.

Hingga berakhir tewas atau berada di kebun binatang sebagai hewan titipan yang menjadi tontonan berbayar.

"Turunnya macan dari habitat biasanya disebabkan oleh rusaknya habitat potensial macan tutul. Tidak adanya ketersediaan makanan akibat perburuan serta intervensi manusia yang berlebihan atau alih fungsi kawasan yang mengakibatkan daerah teritori macan tutul terganggu," ujar Dedi, kepada Tribun Jabar, di Kota Bandung, Senin (3/6/2019).

Dikerubungi Pemudik saat Kunjungi Stasiun Pasar Senen, Jokowi: Ya Hati-Hati Semuanya

Usai Berkebun, Perempuan Berusia 55 Tahun Tewas Dililit Ular Berukuran 7 Meter

Download Lagu Sabyan - Idul Fitri, Mp3 Sabyan Gambus Musik Terbaru Lengkap dengan Lirik

Dedi Kurniawan menuturkan tidak ada perhatian dari institusi atau perusahaan terhadap macan kumbang atau macan tutul jawa ini.

Padahal, perusahaan-perusahaan itu sudah memanfaatkan hutan yang merupakan tempat habibat macam tutul.

Padahal, ucapnya, macan tak hanya di kawasan konservasi tapi berpotensi ada di kawasan lindung perhutani dan perkebunan besar.

"Perlu dilakukan penyadaran bersama-sama seiring dengan aturan dan kebijakan yang terus berpihak pada keberlangsungan hidup manusia dan satwa," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Alasan Macan Kumbang Masuk Permukiman Warga di Subang, Menurut FK3I Jabar

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved