Breaking News:

Garong di Jatinegara Buka Gembok Kotak Amal Musala Gunakan Kawat

Warga Jatinegara dibuat heran sekaligus geram dengan aksi garong yang membobol dua kotak amal Musala Nurul Amal pada Sabtu (1/6/2019) siang.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Dua kotak amal Musala Nurul Amal yang dibobol garong di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Warga RT 01/RW 09 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara dibuat heran sekaligus geram dengan aksi garong yang membobol dua kotak amal Musala Nurul Amal pada Sabtu (1/6/2019) siang.

Mereka geram karena garong berpura-pura menunaikan Salat Zuhur sebelum beraksi dan heran pelaku dapat membobol dua kotak amal tanpa merusak gembok.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musala Nurul Amal, Sukarto (71) mengatakan tiga gembok yang dipasang di dua kotak amal masih utuh dan tidak rusak.

"Kotak amalnya enggak dirusak, gemboknya juga masih ada. Kotak amal yang satu itu gemboknya dua, jadi total gembok yang dibuka pelaku tiga. Sepertinya pelaku sudah berpengalaman," kata Sukarto di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (3/6/2019).

Dua kotak amal Musala Nurul Amal yang dibobol garong di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019).
Dua kotak amal Musala Nurul Amal yang dibobol garong di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Merujuk rekaman CCTV, garong tersebut berhasil membobol tiga gembok kotak amal kurun waktu kurang dari dua menit lalu menggasak uang sekira Rp 1.2 juta.

Sukarto menduga garong menggunakan semacam kawat untuk membobol tiga gembok sebagaimana aksi yang kerap ditampilkan di serial MacGyver.

"Sepertinya pakai kawat, jadi gemboknya dia utak-atik gitu. Pelakunya sudah lihai, aksinya cepat. Kalau kita lihat rekaman CCTV itu dia beraksinya sebentar," ujarnya.

Pengurus Musala Nurul Amal berupaya memburu pelaku dengan cara menunjukkan rekaman CCTV yang menyorot wajah pelaku ke warga yang bermukim di sekitar Jalan Bekasi Timur V.

Namun karena beraksi di siang bolong atau sekira pukul 13.30 WIB, warga RT 01 masih sibuk beraktivitas dan tak mengetahui dari mana kedatangan garong.

Halaman
123
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved