Hilal Tak Terlihat di Wilayah Basmol, Warga Kembangan Sepakat Genapkan Puasa 30 Hari

Saiful mengatakan hasil rekomendasi pemantauan hilal di Masjid Al Musyariin akan diserahkan kepada Kementerian Agama

Hilal Tak Terlihat di Wilayah Basmol, Warga Kembangan Sepakat Genapkan Puasa 30 Hari
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Pengurus Masjid Al Musyariin bersama perwakilan Pengadilan Agama Jakarta Barat usai melakukan pemantauan hilal untuk menentukan Idul Fitri 1440 H 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM,  KEMBANGAN - Hasil pemantauan hilal di Masjid Al Musyariin, Kampung Basmol, Kembangan, Jakarta Barat petang ini tidak melihat adanya hilal atau bulan sabit muda pertama yang menandakan masuknya bulan baru.

Karenanya, berdasarkan hasil kesepakatan antara tokoh agama, ulama serta perwakilan dari Kementerian Agama Jakarta Barat maka bulan Ramadan 1440 H tahun ini digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu (5/6/2019).

"Diputuskan oleh pimpinan dan hasil musyawarah bahwa hilal tidak terlihat saat rukyatul hilal maka kami menggenapkan puasa di bulan Ramadan menjadi 30 hari," kata Kepala Syariah Kantor Kemenag Jakarta Barat, Saiful Anam di Masjid Al Musyariin, Senin (3/6/2019).

Saiful mengatakan hasil rekomendasi pemantauan hilal di Masjid Al Musyariin akan diserahkan kepada Kementerian Agama yang akan menggelar sidang isbat penentuan Idul Fitri malam ini.

"Iya nanti akan langsung kami serahkan rekomendasi di sini," katanya.

Polisi Akan Tilang Pemudik yang Melintas di Tangerang Menggunakan Mobil Pikap: Penumpang Naik Bus

Link Live Streaming dan Sinopsis Sinetron Cinta Suci Senin 3 Juni 2019

2 Laki-laki yang Meninggal Usai Saling Tikam di Tangerang Tidak Memiliki Hubungan Darah

Sementara itu pengurus Masjid Al Musyariin, Mawardi mengatakan berdasarkan hasil pengamatan pihaknya petang ini hilal hanya terlihat di ketinggian 0 derajat 5' 50 01".

"Artinya ini belum bisa disimpulkan telah datangnya bulan baru maka kami warga Basmol sepakat besok akan tetap berpuasa sehingga puasa tahun ini genap menjadi 30 hari," kata Mawardi.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved