Lebaran 2019

Jelang Lebaran, Penjual Ketupat Menjamur di Pasar Palmerah

Menjelang lebaran, Jalan Palmerah Barat, tepatnya di dekat Pasar Palmerah, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai dipadati oleh penjual ketupat.

Jelang Lebaran, Penjual Ketupat Menjamur di Pasar Palmerah
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Sejumlah pelanggan sedang memilih ketupat yang akan mereka beli dari pedagang di Jalan Palmerah Barat, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah semakin dekat, masyarakat pun mulai menyiapkan beragam jenis makanan khas lebaran.

Satu yang tak boleh ketinggalan dan sejak dulu sudah menjadi makanan khas lebaran, yaitu ketupat.

Menjelang lebaran, Jalan Palmerah Barat, tepatnya di dekat Pasar Palmerah, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai dipadati oleh penjual ketupat.

Para pedagang tersebut terlihat berjejer menggelar lapak-lapak dagangan mereka di atas trotoar di sepanjang jalan itu.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, para penjual ketupat itu terlihat sibuk menganyam ketupat dari daun kelapa muda atau yang biasa disebut janur.

Beberapa lagi tampak sibuk melayani pelanggan yang silih berganti berdatangan membeli dagangan mereka.

Biasanya, para pembeli lebih memilih membeli ketupat yang sudah jadi, ketimbang membeli daun janur meski harganya lebih mahal.

"Beli yang sudah jadi saja biar gampang buatnya, enggak perlu menganyam lagi. Jadi tinggal masukin beras saja," ucap Zubaidah (45), ibu rumah tangga, Senin (3/6/2019).

Dikatakan Zubaidah, ketupat sudah menjadi tradisi turun temurun di keluarganya sehingga setiap lebaran makanan tersebut tidak pernah absen di meja makan rumahnya.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved