Lebaran 2019

Polisi Akan Tilang Pemudik yang Melintas di Tangerang Menggunakan Mobil Pikap: Penumpang Naik Bus

"Kalau ada ditemukan di jalan akan kita berhentikan dan kita tilang. Kita tindak dan masyarakatnya kita titipkan untuk naik bus," tandasnya

Polisi Akan Tilang Pemudik yang Melintas di Tangerang Menggunakan Mobil Pikap: Penumpang Naik Bus
TribunJakarta/Ega Alfreda
Satlantas Polres Metro Tangerang Kota saat memantau pelaksanaan mudik di Terminal Poris Plawad Tangerang, Senin (3/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Jajaran Satlantas Polres Metro Tangerang Kota melarang warga Kota Tangerang untuk mudik menggunakan mobil bak terbuka atau pikap.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, akan menindak tegas kepada siapa pun yang masih nekat mudik menggunakan mobil pikap.

Sebab, lanjutnya, hal itu sangat membahayakan nyawa penumpang terlebih Kota Tangerang memiliki catatan hitam soal kecelakaan mobil pikap pada tahun lalu.

"Jangan mudik menggunakan mobil yang terbuka belakangnya (pikap) karena itu sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan jiwa dari kecelakaan yang fatal," imbau Juang saat memantau Posko Pengamanan di Terminal Poris Plawad, Senin (3/6/2019).

Juang menerangkan, larangan mudik menggunakan mobil bak terbuka tersebut tertuang dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Bahkan, menurut Juang, bukan untuk digunakan saat mudik saja, mobil pikap selayaknya dilarang digunakan untuk moda transportasi darat sehari-hari.

"Karena kan sudah jelas, alasannya Undang-undang yang memang tidak membolehkan, karena mobil pikap membahayakan pengemudi dan pembonceng," ucap Juang.

Ia memastikan hingga dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, jajarannya belum menemukan dan menindaklanjuti pemudik yang lewat Kota Tangerang menggunakan mobil pikap.

Jelang Lebaran, Harga Bunga Tabur di Rawa Belong Naik Drastis

Menarik Perhatian, Petugas Dishub di Terminal Kampung Rambutan Ini Kerap Dimintai Selfie

Catat! Layanan SKCK dan SIM di Bekasi Libur 11 Hari Saat Lebaran

Pasalnya, bila petugas menemukan pemudik yang masih nekat menggunakan mobil bak terbuka akan ditilang.

"Kalau ada ditemukan di jalan akan kita berhentikan dan kita tilang. Kita tindak dan masyarakatnya kita titipkan untuk naik bus," tandasnya.

Dalam pengamanan arus mudik tahun ini, Juang menerjunkan 172 personel dari Satlantas Polres Metro Tangerang yang tersebar di beberapa titik jalur mudik Kota Tangerang Seperti Jalan Daan Mogot dan kawasan Jatiuwung.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved