Cerita Perjalanan Surabaya-Jakarta Man Rambo, Nasihati 20 Pemakai Narkoba Hingga Berhenti

Sekitar 20 orang penyalahguna narkotika yang ditemui pada perjalanan pertamanya tahun lalu

Cerita Perjalanan Surabaya-Jakarta Man Rambo, Nasihati 20 Pemakai Narkoba Hingga Berhenti
TribunJakarta/Bima Putra
Man Rambo (57) saat beristirahat di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI- Satuman (57) alias Man Rambo sedang merampungkan perjalanan kedua menempuh perjalanan Surabaya-Jakarta demi mengkampanyekan bahaya narkoba kini dapat tersenyum.

Sekitar 20 orang penyalahguna narkotika yang ditemui pada perjalanan pertamanya tahun lalu sekarang dengan bangga menyebut diri mereka berhasil lepas dari jerat narkoba.

"Tahu mereka pemakai karena mereka sendiri yang bilang. Belum lama ini, ketemu mereka lagi Alhamdulilah mereka bilang sudah enggak pakai narkoba lagi. Pas tahu mereka berhenti ya senang," kata Man Rambo di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2019).

Meski terbilang memiliki andil melepaskan 20 penyalahguna narkotika dari jerat narkoba, dia ogah mengklaim nasihatnya lah yang menyadarkan mereka.

Pengalaman sebagai mantan preman dan narapidana yang pernah menghuni Penjara Kalisosok selama 12 tahun membuatnya mahfum beratnya menempuh jalan tobat.

Menurutnya, 20 mantan penyalahguna narkotika itu berhasil lepas dari jerat narkoba karena niat tulus mereka sendiri ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

"Saya memang kasih nasihat biar berhenti, saya bilang pakai narkoba itu enggak ada gunanya. Lebih buruk daripada merampok malah. Tapi mereka bisa berhenti pakai narkoba karena niat tulus mereka sendiri, bukan karena saya," ujarnya.

Lantaran pernah mencicipi kelamnya dunia kriminal Ibu kota dan Surabaya selama puluhan tahun, dia mahfum beratnya perjalanan bertobat.

Kepada para mantan penyalahguna narkotika itu yang kebanyakan masih berusia muda, Man Rambo berpesan agar memanfaatkan sisa umurnya berbuat baik bagi sesama.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved