Kolaborasi BMKG dengan Ditjen Bina Marga, Penanganan Musibah Cepat Tanggap

BMKG dan Unit Persiapan Pembangunan Jalan dan Jembatan Bina Marga berkolaborasi untuk mempercepat penanggulangan musibah selama libur lebaran.

Kolaborasi BMKG dengan Ditjen Bina Marga, Penanganan Musibah Cepat Tanggap
TribunJakarta.com/Muhammad Riki Hidayat
Nazib Faizal selaku General Manager Sub-Directorate Data Analysis and System Development, saat memberi keterangan kepada awak Wartawan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat 

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Unit Persiapan Pembangunan Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga, Nazib Faizal, mengatakan hasil kolaborasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sangat membantu untuk penanganan lebih cepat tanggap.

"Jadi, kalo Direktorat Jenderal Bina Marga itu 'stand by' dari Sabang sampai Merauke. Apalagi jelang lebaran. Saat kita kerja sama dengan BMKG, jadi lebih cepat penanganannya," kata Nazib, sapaannya, pada acara sidak dari Ombudsman RI, di lantai 5 kantor Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta Selatan, Sabtu (8/6/2019).

Nazib mencontohkan, BMKG dengan sigap memberi informasi menyoal prediksi cuaca kepada pihaknya.

Sejak Siang Hari, Ribuan Pemudik Sepeda Motor Ramai Melintasi Kawasan Kalimalang

Sejak Siang Ribuan Pemudik Sepeda Motor Lintasi Kalimalang

Pondok Indah Mall Ajak Pengunjung Bermain Salju di ‘Snow Storm Selama Libur Hari Raya

Nantinya, lanjut Nazib, informasi dari BMKG akan ditindaklanjuti dengan menganalisa data yang didapat.

"Contoh yang sangat berguna, sejak tanggal 3 Juni 2019, BMKG sudah memberi tahu wilayah yang bakal hujan. Jadi kita catat dan bakal kita analisa secara parsial. Terus juga kayak ada jembatan putus yang kejadiannya tadi pagi jam sepuluh (10.00 WIB). Sekitar 3 jam itu sudah kembali normal karena kita segera perbaiki," jelas Nazib yang juga selaku General Manager Sub-Directorate Data Analysis and System Development.

Nazib menambahkan, jika masyarakat Indonesia memiliki informasi ihwal kerusakan fasilitas maka dapat menghubungi nomor pelayanan yang tersedia.

"Kalau ada masyarakat yang punya informasi dan keluhan terkait fasilitas negara yang rusak bisa WhatsApp ke media center kita ke nomor 081283835757," pungkasnya.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved