Info Mudik 2019

Sistem Satu Arah Diberlakukan dari KM 414 Tol Batang Semarang Hingga KM 70 GT Cikampek Utama

Rekayasa lalu lintas arus balik lebaran di ruas tol mulai diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang

Sistem Satu Arah Diberlakukan dari KM 414 Tol Batang Semarang Hingga KM 70 GT Cikampek Utama
Dokumentasi Jasa Marga
Gerbang Tol Cikampek Utama, Senin (3/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Rekayasa lalu lintas arus balik lebaran di ruas tol mulai diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang hingga KM 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta Cikampek diberlakukan, Sabtu (8/6/2019).

"Pemberlakuan one way hari ini mundur dari yang telah direncanakan pukul 12.00 WIB menjadi pukul 13.25 WIB dengan memastikan jalur arah Trans Jawa telah steril sehingga tidak ada kendaraan yang terjebak," kata Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan persnya, Sabtu (8/6/2019).

Irra menjelaskan, one way arus balik lebaran ini akan dilakukan sesuai dikresi kepolisian. Adapun pada hari ketiga lebaran kemarin, Jumat (7/6), one way arah Jakarta diberlakukan sejak pukul 14.05 WIB dan baru ditutup pada Sabtu (8/6) pukul 01.30 WIB dini hari.

"Saat ini GT Cikampek Utama memiliki total 29 Gardu Operasi. Disamping itu, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek akan turut mengoperasikan 25 mobile reader secara tandem sehingga dapat melayani arus balik Lebaran dengan maksimal," ungkap Irra.

Jasa Marga sebelumnya jug sempat berencana melakukan penutupan empat rest area di ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek ke arah Jakarta selama 12 jam dari pukul 12.00 hingga Pukul 24.00 WIB pada hari ini, Sabtu (8/6/2019).

Namun hal itu rupanya batal dilalukan, penutupan rest area akan dilakukan secara siruasional terganrung kepadatan arus lalu lintas.

Irra dalam keterangan persnya mengatakan, langkah penutupan secara situasional dilakukan setelah hasil rapat dilakukan dengan pemangku kepentingan dan pihak kepolisian.

220 Bus Mudik Gratis Pemprov DKI Bakal Tiba di Terminal Pulo Gebang Nanti Malam

"Dengan mempertimbangkan masukan dari para stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi Kepolisian tidak akan menutup rest area secara penuh, namun akan melakukan rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika terjadi kepadatan di rest area," kata Irra.

Adapun empat rest area di ruas Tol Jakarta Cikampek ke arah Jakarta yang dilakunan buka tutup yakni rest area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B.

Jasa Marga juga menghimbau agar pengguna jalan dapat memanfaatkan rest area di ruas tol sebelum memasuki Tol Jakarta Cikampek. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penutupan jika terjadi kepadatan pada arus balik lebaran H+3 ini.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved