Pemilu 2019

Penjelasan KPU Jakarta Timur Soal 17 Ahli Waris Anggota KPPS yang Belum Terima Dana Santunan

"Sampai sekarang belum semua ahli waris menyerahkan data. Kalau enggak salah ada tiga ahli waris yang belum menyerahkan data," kata Tri.

Penjelasan KPU Jakarta Timur Soal 17 Ahli Waris Anggota KPPS yang Belum Terima Dana Santunan
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi SDM Tri Endraningsih di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (11/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Di tengah polemik gugatan hasil penghitungan Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK), keluarga anggota KPPS yang meninggal dunia diduga dipicu kelelahan akut hingga kini masih menanti haknya.

Hingga tanggal 10 Mei 2019, di Jakarta Timur tercatat 17 anggota KPPS yang meninggal namun sampai sekarang belum menerima dana santunan yang dijanjikan pemerintah lewat KPU RI.

Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Tri Endraningsih mengatakan ahli waris belum menerima santunan karena hingga kini proses verifikasi belum rampung.

"Sampai sekarang belum semua ahli waris menyerahkan data. Kalau enggak salah ada tiga ahli waris yang belum menyerahkan data," kata Tri di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (11/6/2019).

Dana Santunan Belum Cair, Keluarga Anggota KPPS Batal Gelar Tahlilan 40 Hari

Persyaratan yang dimaksud Tri yakni fotokopi KTP, kartu keluarga, surat keputusan pengangkatan KPPS dan nomor rekening BRI.

Bila sudah diserahkan ke KPU Jakarta Timur, Tri menyebut seluruh berkas persyaratan itu diserahkan ke KPU RI untuk kembali diversifikasi.

"Nanti yang menentukan berhak atau tidaknya menerima santunan KPU RI, jadi berkas yang diserahkan ahli waris ke KPU Jakarta Timur diserahkan ke KPU RI," ujarnya.

Tri memastikan seluruh uang santunan yang digelontorkan pemerintah pusat lewat Kementerian Keuangan kini sudah berada di tangan KPU RI.

Untuk wilayah DKI Jakarta, dia menyebut baru segelintir ahli waris anggota KPPS yang sudah menerima dana santunan, sementara sisanya harus menunggu.

Ahli Waris Anggota KPPS di Jakarta Timur Berharap Dana Santunan dari KPU Segera Cair

"Di Jakarta Barat sudah ada ahli waris yang menerima santunan, tapi belum semua. Kalau kapan pencairannya tergantung KPU RI. Karena uangnya sudah di KPU RI semua," tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyetujui permintaan KPU RI agar seluruh pahlawan demokrasi yang gugur selama Pemilu 2019 mendapat santunan.

Yakni Rp 36 juta bagi anggota yang meninggal dan cacat permanen, Rp 16,5 juta untuk anggota yang mengalami luka berat, dan Rp 8,25 juta bagi yang mengalami luka sedang.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved