Aksi 22 Mei

Polri Sebut Ada Perencanaan Matang Aksi 21-22 Mei 2019 Sasar Rusak Mobil Dinas Polri

Selain itu, lanjut Iqbal, sejumlah markas aparat Kepolisian juga dirusak oleh massa perusuh tragedi 21 - 22 Mei 2019 tersebut.

Polri Sebut Ada Perencanaan Matang Aksi 21-22 Mei 2019 Sasar Rusak Mobil Dinas Polri
TribunJakarta/Lita Febriani
Mobil milik Erlangga yang hangus dibakar massa yang menyerbu Asrama Brimob Petamburan, Kamis (23/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal menyebut mobil Jeep Rubicon dan Toyota Rush untuk dinas Polri dirusak akibat tragedi 21 - 22 Mei 2019.

Iqbal, sapaannya, juga mengatakan ada sosok master mind dibalik aksi tersebut.

"Ada perencanaan yang matang oleh master mind untuk memobilisasi massa dan meletupkan di beberapa titik. Dua bus brimob dirusak, dua truk brimob dirusak, satu Jeep Rubicon dinas dirusak, satu Toyota Rush dinas brimob dirusak," kata Iqbal, kepada Wartawan, di Gedung Media Center Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

Selain itu, lanjut Iqbal, sejumlah markas aparat Kepolisian juga dirusak oleh massa perusuh tragedi 21 - 22 Mei 2019 tersebut.

Diantaranya seperti Asrama Brimob Petamburan Jakarta Barat, Pospol Sabang Jakarta Pusat, Pospol Lalu lintas Sarinah, dan lainnya.

Massa Perusuh Gunakan Molotov Hingga Panah Beracun, Kadiv Humas Polri: Benda-benda Mematikan

"Markas asrama brimob Petamburan Jakarta Barat, Pos Subsektor Petamburan, Pos Subsektor Sabang, Pos Lalu lintas Sarinah, Pos Lantas Slipi Jaya, dan tiga ruko (rumah toko) terbakar di Petamburan. Tiga ruko itu punya masyarakat. Kendaraan di Aspol Petamburan 15 roda empat dibakar. Dan itu bukan milik polisi semua, milik masyarakat juga ada," jelas Iqbal.

"18 roda empat juga ada yang rusak sedang dan ada juga yang parah," tambahnya.

Rusuh Aksi 21 dan 22 Mei 2019, Mabes Polri: 225 Personel Polri Jalani Rawat Jalan

Kemudian, kata Iqbal, lokasi tragedi 21 - 22 Mei 2019 tersebut juga terjadi di Jalan Brigjend Katamso, Jakarta Barat.

Di lokasi tersebut, lanjutnya, dua bus milik brimob dibakar oleh massa perusuh.

"TKP Kedua Jalan Brigjen Katamso Jakarta Barat, dua bus Brimob dibakar. Itu massa perusuh dan sudah kita investigasi," tegas Iqbal.

Tempat Kejadian Perkara (TKP) berikutnya, kata Iqbal, terjadi pada Pos Polisi Sabang, Jakarta Pusat.

"TKP ketiga, Pos Subsektor Sabang Jakarta Pusat dirusak dan dua sepeda motor dibakar. Ada satu senjata dan senjata yang dicuri beserta pelurunya. Tapi alhamdulillah, personel kami yang tergabung dalam tim investigasi yang menangani kerusuhan ini, sudah dapat menemukan pelaku dan barang buktinya. Tapi kita nanti akan jelaskan bukan hari ini. Kami juga perlu menyajikan ke publik hal yang detail. Jadi sedetailnya kami akan sampaikan tentang hal tersebut. Dan akan kami rangkai dengan informasi-informasi tersebut," pungkas Iqbal.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved