Anies Baswedan Sebut Pergerakan Warga Jakarta ke Luar Daerah Cukup Tinggi

Anies Baswedan mengakui bahwa pergerakan masyarakat di Jakarta tidak hanya terjadi karena adanya para pendatang dari luar daerah.

Anies Baswedan Sebut Pergerakan Warga Jakarta ke Luar Daerah Cukup Tinggi
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendengar berbagai cerita dari peserta mudik gratis di Balai Kota DKI, Rabu (12/6/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui bahwa pergerakan masyarakat di Jakarta tidak hanya terjadi karena adanya para pendatang dari luar daerah.

Melainkan, warga Jakarta diakui Anies juga banyak bergerak pindah ke luar daerah. Hal ini ia ungkapkan berdasarkan keterangan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

"Banyak pergerakan warga, bukan hanya (dari luar) ke Jakarta, tapi warga Jakarta keluar (Daerah) juga cukup tinggi. Karena itu pencatatan pendudukan penting," ujar Anies di Balai Kota, Rabu (12/6/2019).

Anies, belum menjabarkan secara pasti berapa jumlah masyarakat Jakarta yang pindah ke luar kota.

Ia menyebut, bahwa alasan masyarakat DKI yang pindah ke luar daerah disinyalir karena berbagai hal. Bisa karena faktor ekonomi, pendidikan, maupun keluarga.

"Nanti kita berikan data melalu Disdukcapil. Kasusnya berbeda-beda," kata dia.

Ahmed Zaki Minta Trans Jabodetabek Melayani Hingga ke Perumahan di Kabupaten Tangerang

Sebagai orang nomor satu di Ibu Kota, Anies mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurus administrasi dengan baik dan benar ketinga mendatangi ataupun menginggalkan wilayah tertentu.

Imbauan ini, dilayangkan Anies kepada warga Jakarta yang ingin pindah ke luar daerah, maupun warga dari daerah lain yang ingin mengadu nasib di Jakarta.

"Saya mengimbau semuanya, yang keluar Jakarta melaporkan, bikin surat pindah. Yang masuk (ke Jakarta) juga bawa surat. Dengan begitu pencatatan akan berlangsung baik," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved