Sekarang Warga Summarecon Bisa Naik Bus Langsung ke Bandara Soekarno-Hatta dan Halte MRT Lebak Bulus

Bus JA dan JR Connexion yang hadir di Summarecon Square Park dengan trayek Terminal MRT Lebak Bulus dan Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (12/6/2019).

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Aji

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA DUA - Kabar gembira kini menyelimuti warga Summarecon, Kelapa dua, Kabupaten Tangerang dan sekitarnya dengan kehadiran bus antar kota dan antar perumahan.

Sebab, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) membuka jalur baru untuk bus JRC pertama kalinya dari Kabupaten Tangerang menuju terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PPD juga membuka jalur JAC dari dan menuju Kabupaten Tangerang ke Bandara Soekarno-Hatta.

Rute baru tersebut dimulai dan berakhir dari Scientia Square Park Summarecon Serpong menuju Stasiun MRT Lebak Bulus dan sebaliknya, sama halnya dengan rute Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini pertama kali di Kabupaten Tangerang berkat kerja sama Perum PPD yang didukung penuh Pemda Kabupaten Tangerang. Mudah-mudahan kerja sama terus berlanjut dengan pihak Summarecon di mana pun itu berada," kata Direktur Perum PPD, Pande Putu Yasa di di halte JA dan JRC Summarecon Serpong, Rabu (12/6/2019).

Bea Cukai Tingkatkan Pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta Selama Libur Lebaran

Menurut Putu, keberangkatan bus jurusan Bandara Soekarno-Hatta dimulai sejak pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB berangkat setiap satu jam sekali, dan 06.15 WIB sampai 21.15 WIB untuk kepulangan.

Sedangkan, lanjut Putu, keberangkatan bus untuk trayek Stasiun MRT Lebak Bulus dimulai dari pukul 05.45 WIB sampai 08.30 WIB untuk waktu keberangkatan dan 17.00 WIB sampai 20.15 WIB untuk kepulangan.

Perihal tarif, Perum PPD masih memberlakukan harga promo yakni Rp10 ribu untuk trayek Stasiun MRT Lebak Bulus dan Rp30 ribu untuk sampai Bandara Soekarno-Hatta.

Harga khusus tersebut hanya berlaku sampai satu bulan ke depan sebelum berubah menjadi Rp15 ribu rute Lebak Bulus dan Rp35 ribu untuk rute Bandara Soekarno-Hatta.

"Berikutnya berlaku harga normal, tapi kita uji coba dulu selama satu bulan ini," kata Putu.

Perum PPD telah menyiapkan 10 unit bus dibagi enam unit bus Transjabodetabek premium jurusan Stasiun MRT Lebak Bulus dan empat jurusan Bandara Soekarno-Hatta.

Putu mengatakan, jumlah armada akan terus bertambah melihat kawasan pemukiman menuju titik perekonomian dan juga kawasan bandara, semakin tinggi.

BPTJ Nilai Skema One Way Pada Arus Balik Mudik Belum Sukses 

Namun, menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, angka bus tersebut masih jauh dari target.

Kata dia, tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni ditarget 1000 unit bus yang beroperasi di Jabodetabek.

"Katanya baru turun 20 bus, sementara pak Putu (Perum PPD) masih punya 400 bus lagi. Silahkan pak Bupati atau pengelola Summarecon yang daerahnya mau diakomodir angkutan umum, kami siap," ujar Bambang.

Dikesempatan yang sama, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berharap kehadiran JA dan JR Connexion tersebut dapat menekan angka kemacetan di kawasan Serpong dan Kabupaten Tangerang.

"Ini sangat membantu sekali mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Mudah- mudahan bisa secara bertahap ikut meminimalisir kemacetan-kemacetan terutama jaringan jalan Raya Serpong maupun jalan Raya Tol Jakarta-Merak," kata Bupati Tangerang.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved