Termasuk Sekolah Favorit di Tanjung Priok, Pendaftar SDN Warakas 4 Kali dari Daya Tampung

"Satu kelas itu kan diisi 32 orang, dua kelas jadi 64 orang. Tapi peminatnya tahun lalu tercatat sampai 276 orang," kata Sudarto

Termasuk Sekolah Favorit di Tanjung Priok, Pendaftar SDN Warakas 4 Kali dari Daya Tampung
TribunJakarta/Afriyani Garnis
Kepala Sekolah SDN Warakas 01 Sudarto, saat ditemui, Rabu (12/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - SDN Warakas menjadi satu diantara Sekolah Dasar (SD) favorit di wilayah Warakas, Jakarta Utara.

Hal ini pun minat para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya semakin tinggi di sana.

Kepala Sekolah SDN Warakas 01 Sudarto menyebutkan, tahun lalu saja jumlah calon peserta didik  yang mendaftar mencapai 276 orang.

Sementara kuota yang tersedia di SDN Warakas 01 hanya 64 kursi untuk dua ruang kelas yang terbagi antara kelas A dan B.

"Satu kelas itu kan diisi 32 orang, dua kelas jadi 64 orang. Tapi peminatnya tahun lalu tercatat sampai 276 orang," kata Sudarto saat ditemui, Rabu (12/6/2019).

Diterangkan Sudarto, selain banyaknya prestasi yang telah ditorehkan siswa disana, faktor fisik bangunan kini juga menjadi daya tarik bagi para orangtua yang hendak menyekolahkan anaknya di tingkat SD.

"Kita kegiatan ada Polisi Cilik, kemudian banyak juga prestasi dan mendapat piala. Selain itu juga sekarang kan bangunan kita baru. Ada sebagian orangtua yang minatnya justru karena ini bangunan baru," terangnya.

Namun, dalam sistem online sekarang, Sudarto berharap agar para orangtua lebih selektif lagi untuk mendaftarkan sekolah anaknya.

"Kalau misal anaknya masih muda jangan dimasukkan sekolah dulu, apalagi kalau teman-temannya berbeda jauh usianya. Kan ketentuannya usia 7 hingga 12 tahun untuk SD," paparnya.

Jadi Target Yunarto Wijaya Maafkan Terduga Pembunuhnya: Saya Tak Ada Dendam

Cedera Patah Tulang Bahu, Ramdani Lestaluhu Bakal Absen Panjang Bersama Persija Jakarta

Yuk Borong Ragam Jenis dan Motif Batik Berbagai Daerah di Jakarta Fair 2019

Hal itu diterangkan Sudarto, agar orangtua tak sia-sia mendaftarakan sekolah anaknya.

"Sebelumnya sih banyak yang begitu, anaknya baru usia enam tahun sekian sidah didaftarkan. Tapi sekarang sudah nanyak yang mengerti. Kecuali memang mau sekolah di swasta dulu," terangnya.

Mengenai seleksi calon peserta didik baru di SDN Warakas 01, Sudarto menjelaskan sistem seleksi akan dilaksanakan  melalui usia peserta didik.

"SD itu seleksi lewat usia, jadi kalau ada usianya banyak yang tua, tentu yang lebih mudanya gugur. Kecuali yang usianya lebih tua ini sedikit, nah yang lebih muda bisa masuk. Ada yang di satu sekolah paling rendah usianya enam tahun delapan bulan, tapi di sekolah lain ternyata tujuh tahun paling rendah. Jadi kita tidak bisa memastikan," paparnya. 

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved