Volume Sampah di Jakarta Barat Masih Dibawah Batas Normal

Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto menyebut volume sampah di wilayahnya masih di bawah batas normal.

Volume Sampah di Jakarta Barat Masih Dibawah Batas Normal
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Petugas mengangkut sampah menggunakan alat berat di aliran kali Kanal Banjir Barat, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (26/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, GROGOL PETAMBURAN - Seminggu pasca Lebaran Idul Fitri 1440 H, masyarakat sudah banyak yang kembali dan beraktivitas di Ibu Kota.

Meski demikian, Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto menyebut volume sampah di wilayahnya masih di bawah batas normal.

Ia menjelaskan, normalnya volume sampah di wilayah Jakbar biasanya sebanyak 1450 ton per harinya.

"Masyarakat Jakarta sudah banyak yang balik ke Jakarta dan mereka sudah melakukan aktivitasnya. Kemudian mereka juga sudah melakukan, mungkin ya namanya sudah beraktivitas pasti melakukan pembuangan sampah," katanya, Rabu (12/6/2019).

"Ini sudah mulai normal lagi trennya, tapi belum pulih normal banget 1400 sekian ton gitu," tambahnya.

Sementara itu, ia mengatakan saat hari Lebaran pertama hingga ketiga memang ada penurunan volume sampah yang signifikan.

Dimana saat hari Lebaran pertama, volume sampah yang diangkut hanya sebanyak 145 ton.

Status Maruf Amin di Bank Syariah Dipermasalahkan, Ini Tanggapan KPU, Bawaslu Hingga TKN

"Kemudian berlanjut di hari kedua, itu naik jadi 212 ton, dan hari ketiganya itu naik lagi menjadi 450 ton," ujarnya.

Edy pun mengimbau warga DKI Jakarta dan khususnya warga yang tinggal di Jakarta Barat, untuk jadikan Jakarta sebagai miliknya, jadi kampung yang harus dijaga.

"Serta tolong sekali lagi, kami siap melayani pembuangan sampah oleh masyarakat, tapi masyarakat juga jangan buang sampah sembarangan," tuturnya.

"Kami sudah menyiapkan lokasi-lokasinya, silahkan hubungi ke Kasatpel kami yang ada di kecamatan, kemudian kami juga sudah mensosialisasikan kepada para lurah dan termasuk tempat-tempat lokasi TPS kita yang ada di tiap-tiap kecamatan dan kelurahan, silahkan buang sampah di situ. Sekali lagi masyarakat kami minta untuk menjaga lingkungan Jakarta Barat khususnya menjadi lebih bersih lagi dan sekarang cukup kita buang sampah itu di lokasi yang sudah kita sediakan," lanjut Edy.

Penulis: Leo Permana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved