Breaking News:

Banyak Pabrik, Kelurahan Ciracas Diserbu Pendatang Baru Mengadu Nasib di Ibu Kota

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan wilayahnya banyak disambangi pendatang baru karena keberadaan Pasar Ciracas dan banyaknya jumlah pabrik.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Lurah Ciracas Rikia Marwan di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (14/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Pemudik yang membawa kerabatnya dari kampung halamannya ke Ibu kota guna mengadu nasib jadi budaya yang masih terpelihara dan selalu menyertai momen mudik setiap tahunnya.

Di antara lima Kelurahan di Kecamatan Ciracas, Kelurahan Ciracas merupakan wilayah yang paling diincar pendatang baru sehingga tingkat kepadatan penduduknya nomor satu di kecamatan.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan wilayahnya banyak disambangi pendatang baru karena keberadaan Pasar Ciracas dan banyaknya jumlah pabrik.

Pendatang Baru ke Bekasi, Wali Kota Minta Siapkan Skill Agar Siap Kerja

"Di Kelurahan Ciracas banyak pabrik besar, ada belasan pabrik. Seperti NGK, Mustika Ratu, Khong Guan, dan lainnya. Ada Pasar Ciracas juga, makannya banyak pendatang baru yang datang," kata Rikia di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya pendatang baru itu diajak pedagang dan pegawai pabrik yang sudah lebih dulu menikmati dan berhasil mengadu nasib di Ibu Kota.

Hasilnya, meski bukan kelurahan paling luas di Kecamatan Ciracas, jumlah penduduk di Kelurahan Ciracas paling banyak dibanding empat kelurahan lainnya.

"Jadi pedagang dan pegawai pabrik yang sudah lebih dulu sukses mengajak saudara atau tetangganya di kampung. Mungkin melihat di Jakarta sukses jadi yang di kampung mau ikut ke Jakarta," ujarnya.

Kasatpel Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kelurahan Ciracas, Sriyono membenarkan jumlah pendatang baru paling banyak di Kecamatan Ciracas merupakan Kelurahan Ciracas.

Sudin Dukcapil Jakarta Barat Bakal Lakukan Pendataan Pendatang Mulai 14 Juni 2019

Sriyono menyebut pertambahan jumlah penduduk di Kelurahan Ciracas selepas musim mudik merupakan hal lazim yang selalu timbul dari tahun ke tahun.

"Dari tahun ke tahun pendatang baru terbanyak di Kelurahan Ciracas, memang selalu seperti itu. Karena banyak pabrik besar, ada Pasar Ciracas juga. Se-Kecamatan Ciracas pendatang baru terbanyak ya di sini," tutur Sriyono.

Merujuk data Badan Pusat Statistik Jakarta Timur tahun 2017, jumlah pendatang baru di Kelurahan Ciracas tercatat 1.411, disusul Kelurahan Cibubur 1.326 pendatang baru.

Kelurahan Kelapa Dua Wetan tercatat 1.064 pendatang, Kelurahan Susukan tercatat 777 pendatang, dan Kelurahan Rambutan dengan 947 pendatang baru.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved