Catat, Jadwal PPDB SMP Negeri di Tangsel, Bertahap Antara Jalur Dalam dan Luar Zona

Dindikbud Tangerang Selatan mengeluarkan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP.

Catat, Jadwal PPDB SMP Negeri di Tangsel, Bertahap Antara Jalur Dalam dan Luar Zona
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Orang tua siswa mendaftarkan anaknya pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 026 Bojongloa, Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019). Pendaftaran PPDB 2019 mulai jenjang TK, SD, SMP serentak dibuka mulai 23 Mei 2019 sampai 28 Mei 2019. Bagi orang tua yang akan mendaftarkan putra-putrinya diharapkan cermat membawa persyaratan yang telah ditentukan. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP.

Termasuk jadwal tahapan pendaftaran para calon siswa SMP yang dibuat terpisah antara jalur dalam zona dengan jalur luar zona.

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono, memaparkan, dari mulai 2 Mei 2019 sampai 22 Juni 2019, pihaknya tengah sibuk sosialisasi dan uji coba webisete PPDB: ppdbsmpn1.tangerangselatankota.go.id dan ppdbsmpn22.tangerangselatankota.go.id.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB online kali ini menggunakan website masing-masing sekolah dari mulai SMPN 1 sampai SMPN 22.

"Dari tanggal 12 sampai hari ini, 14 Juni 2019, sosilaisasi teknis bagi lurah dan pelatihan operator sekolah per wilayah kecamatan berlokasi di Puspemkot," Taryono dalam keterangan resminya, Jumat (14/6/2019).

PPDB tingkat SMP kali ini, Taryono membaginya ke dalam enam jalur berbeda, yakni jalur zonasi atau jarak 30%, jalur zonasi prestasi akademik 45%, jalur prestasi dalam zona 5%, jalur prestasi luar zona 5%, jalur keluarga tidak mampu, disabilitas dan aparatur negara 10% dan jalur perpindahan orang tua dan luar Tangsel 5%.

Dari enam jalur itu, pada 24-27 Juni 2019, peserta PPDB jalur luar zona, jalur prestasi, jalur perpindahan orang tua dan peserta didik dari luar kota Tangerang Selatan, dijadwalkan melakukan pra pendaftaran di sekolah tujuannya secara offline.

Pada tanggal 26-27 Juni 2019 giliran jalur jarak atau dalam zona yang kuotanya 30%. Cara mendaftarnya online melalui website sekolah tujuan masing-masing.

Pengumuman hasil seleksi jalur dalam zona akan diumumkan pada tanggal 28 Juni 2019 di website yang sama.

Selanjutnya, pada 3-5 Juli 2019, peserta PPDB sudah bisa mendaftar jalur zonasi prestasi akademik yang memiliki kuota 45% melalui website.

Tutup 1 Kelas, SDN Gedong 03 Pasar Rebo Hanya Buka 4 Kelas Untuk PPDB Tahun Ini

Kasudin Pendidikan Jakut Pastikan Sistem Online PPDB Jakut Stabil Selama Proses Pelaksanaannya

Pada tanggal yang sama, jalur prestasi dalam zona, jalur prestasi luar zona, jalur keluarga tidak mampu, disabilitas dan aparatur negara, dan jalur perpindahan orang tua, bisa mulai mendaftar secara offline langsung di sekolah tujuan.

Tanggal 8 Juli 2019, pengumuman hasil seleksi empat jalur itu sudah bisa dilihat di website dan dipajang di sekolah.

Setelah terpilih dan lolos seleksi, peserta PPDB bisa mendaftar ulang di sekolah barunya pada 9-11 Juli 2019.

"Siswa yang tidak diterima di jalur jarak atau zonasi, bisa melakukan pendaftaran lagi di jalur zonasi prestasi akademik," terangnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved