Pemkot Tangerang Perluas Jangkauan Zonasi Sekolah PPDB Online Tingkat SMP

Namun, calon peserta yang berada di beberapa RW di sekitar SMP tersebut secara otomatis dapat melakukan pendaftaran secara online.

Pemkot Tangerang Perluas Jangkauan Zonasi Sekolah PPDB Online Tingkat SMP
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman di Ruang Akhlakul Karimah, Puspemkot Tangerang, Selasa (29/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang tengah menyiapkan sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman menerangkan, pada tahun ini sistem penerimaan PPDB di Kota Tangerang untuk tingkat SMP sama seperti tahun sebelumnya menggunakan sistem zonasi.

Namun, calon peserta yang berada di beberapa RW di sekitar SMP tersebut secara otomatis dapat melakukan pendaftaran secara online.

"Kita sudah siap, tinggal menunggu persetujuan dari pak wali. Intinya gini, PPDB yang akan datang itu masyarakat yang di sekitar sekolah berjarak beberapa RW itu otomatis masuk ke SMP yang ada di lokasi situ," jelas Abduh di Puspemkot Tangerang, Jumat (14/6/2019).

Sedangkan, untuk calon peserta PPDB yang berada jauh dari SMP yang diinginkan masih berkesempatan untuk mendaftar melalui jalur tes tertulis.

"Di luar radius sekolah empat sampai lima RW itu akan bertanding pada sistem nilai. Kenapa kita berlakukan? Karena keberadaan SMP itu tidak tersebar di setiap kecamatan, enggak semua kedapatan punya SMP," ucap Abduh.

Menurutnya kebijakan tersebut berbeda dengan sistem peneriman PPDB online tingkat SMP pada tahun sebelumnya.

Di mana, penerimaan hanya dilakukan secara sistem zonasi sehingga calon murid yang diterima hanya warga yang memiliki RW yang sama dengan sekolah dan sekitarnya.

"Karena ini untuk keadilan buat orang-orang di luar zonasi. Kalau itu kita paksakan, janganka untuk masuk, untuk daftar saja tidak bisa. Maka dengan menggunakan sistem nilai ini akan kita berikan ruang-ruang keadilan untuk anak," kata Abduh.

Ikut Aksi Massa di Gedung MK, FPI: Kami Datang Bukan Urusan Politik, Kami Mau Dukung MK

Dikerjai Julian Jacob hingga Young Lex, Marion Jola Lemas dan Panik : Menguji Jantung Lala

Detik-detik Polisi Bongkar Mafia Kawin Kontrak di Rumah Mewah, Sang Mertua Coba Berbohong

Sebagai informasi, pelaksanaan pendaftaran peserta PPDB online tingkat SMP di Kota Tangerang baru dimulai pada 1 Juli 2019 hingga 15 Juli 2019.

Dalam penerimaan calon siswa SMP pun terbagi dari tiga jalur yakni sistem zonasi atau reguler, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua.

Dinas pendidikan Kota Tangerang pun mendata terdapat sekira 11ribu kursi daya tampung untuk calon siswa SMP yang tersebar dari 33 SMP se-Kota Tangerang.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved