PPDB Tingkat SMP di Kota Bekasi Buka Jalur Khusus Penghafal Alquran

Disdi Kota Bekasi memastikan, proses PPDB tingkat SMPN tahun ajaran 2019/2020 membuka jalur pendaftaran khusus untuk penghafal Al Quran.

PPDB Tingkat SMP di Kota Bekasi Buka Jalur Khusus Penghafal Alquran
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Seorang wali murid sedang mencari informasi terkait PPDB tingkat SMA di SMAN 7 Serpong Utara, Tangsel, Selasa (11/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi memastikan, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMPN tahun ajaran 2019/2020 membuka jalur pendaftaran khusus untuk penghafal Alquran.

Kepala Disdik Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, jalur PPDB khusus penghafal Alquran dibuka perdana tahun ajaran ini.

Sebanyak dua persen kuota penerimaaan di jalur tersebut disediakan yang masuk ke dalam jalur prestasi PPDB tingkat SMPN.

"Jadi di PPDB itu ada penerimaan jalur prestasi yang di dalamnya ada tiga kriteria pertama prestasi berdasarkan nilai USBN kuota penerimaan tiga persen, kedua prestasi dibidang akademik dan non-akademik seperti altet kuotanya satu persen, dan ketiga pretasi tahfidz alquran kuotanya 2 persen," kata Inayatullah, Jumat (14/6/2019).

Dia melanjutkan, dihadirkannya jalur penghafal alquran dalam proses PPDB tingkat SMPN di Kota Bekasi ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada siswa yang berpretasi dalam bidang agama.

"Kenapa Kota Bekasi pakai jalur prestasi tahfidz quran, karena itu janji politik wali kota dan itu sudah menjadi program skala prioritas wali kota," jelas dia.

Selain itu, dibukanya jalur khusus masuk sekolah negeri untuk para calon siswa yang memiliki prestasi dalam bidang penghafal alquran, bertujuan untuk mengembangkan bibit muda para peghafal alquran di Kota Bekasi.

"Kita harapkan ini bisa menumbuhkan bibit-bibit tahfidz quran Kota Bekasi karena sesuai dengan visi misi, Bekasi cerdas, sejahtera, kreatif dan ihsan. Ihsan ini adalah kota yang agamis sesuai dengan karakter masyarakatnya," paparnya.

Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah saat dijumpai di Kantor Disdik Kota Bekasi Bekasi Timur.
Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah saat dijumpai di Kantor Disdik Kota Bekasi Bekasi Timur. (TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar)

Adapun untuk jalur penghafal alquran, Disdik Kota Bekasi membedakan berdasarkan tingkatan juz yang dihafal calon peserta didik baru.

Untuk calon peserta didik baru yang mampu menghafal juz 1-10 akan diberikan 100 poin, sedangkan untuk Juz 11-20 diberikan 200 poin dan juz 21-30 diberikan 300 poin. Poin ini nantinya akan diakumulasi dengan nilai ujian siswa atau NEM ketika mendaftar di sekolah yang dituju.

Simak Penjelasan Lengkap 6 Jalur PPDB Tingkat SMP di Tangerang Selatan

Catat, Jadwal PPDB SMP Negeri di Tangsel, Bertahap Antara Jalur Dalam dan Luar Zona

Inayatullah melanjutkan, untuk verifikasi berkas jalur prestasi termasuk penghafal alquran dilakukan pada Senin 17 - Sabtu, 20 Juni 2019 mendatang di Aula lantai 3 Kantor Disdik Kota Bekasi.

"Calon peserta didik baru jalur prestasi ini harus menunjukkan berkas dokumen nilai atau piagam pengahargaan nanti diverikasi oleh petugas Disdik, kalau untuk penghafal Al Quran akan diuji dalam proses verikasi nanti," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved