Selama Ramadan Hingga Libur Lebaran, 20 Kasus Kebakaran Terjadi di Kota Bekasi

Komandan Kompi Damkar Kota Bekasi, Nasrudin mengatakan, dari total kasus itu, masih didominasi kebakaran yang terjadi pada rumah tinggal

Selama Ramadan Hingga Libur Lebaran, 20 Kasus Kebakaran Terjadi di Kota Bekasi
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Komandan Kompi Damkar Kota Bekasi Nasrudin. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mencatat sebanyak 20 kasus kebakaran terjadi selama ramadan dan libur yang berlangsung sepanjang Mei 2019 hingga 10 Juni 2019.

Komandan Kompi Damkar Kota Bekasi, Nasrudin mengatakan, dari total kasus itu, masih didominasi kebakaran yang terjadi pada rumah tinggal, disusul kasus kebakaran toko, lalu pabrik hingga kebakaran alang-alang.

"Ada 7 kasus kebakaran rumah tinggal, tiga pabrik atau gudang, 4 toko, 4 kebakaran alang-alang atau sampah, lalu 2 kasus lagi itu kebaran lainnya yang terlapor dan kita tangani," kata Nasrudin saat dijumpai di Mako Dakmar, Bekasi Selatan, Jumat (14/6/2019).

Dia menjelaskan, penyebab kebakaran yang terjadi selama ramadan hingga libur lebaran masih didominasi arus pendek atau korsleting listrik, meski terdapat pula faktor lain seperti kompor atau kebakaran akibat membakar sampah.

Usai Aksi Massa Kawal Sidang MK Berakhir, Polisi Segera Lakukan Penormalan Arus Lalin

"Faktor kebakaran itu ada tiga, manusia, alam, dan kehendak sendiri. Tapi 80 persen paling banyak itu karena faktor manusia, kecapean hingga menimbulkan kelalaian selama ramadan atau libur lebaran," ungkap Nasrudin.

Beruntung peristiwa kebakaran yang berlangsung selama ramadan hingga libur lebaran ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Adapun dibanding peristiwa kebakaran di luar ramadan dan libur lebaran lebih sedikit. Pada bulan Februari misalnya tercatat 9 kasus kebakaran, Maret 19 kasus, April 15 kasus.

"Kalau dibanding musim ramadan dan libur lebaran tahun lalu sama tahun ini cenderung menurun," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved