Sikap Anies yang Terbitkan IMB Bangunan di Pulau Reklamasi Dipertanyakan DPRD DKI

Sejauh ini, kata Anies kegiatan reklamasi telah dihentikan. Izin terkait pembuatan reklamasi pun telah dicabut.

Sikap Anies yang Terbitkan IMB Bangunan di Pulau Reklamasi Dipertanyakan DPRD DKI
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (28/11/2018) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mempertanyakan langkah Pemprov DKI Jakarta yang telah menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi ratusan bangunan di Pulau Reklamasi.

Menurut Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono izin yang diberikan kepada ratusan bangunan tersebut menunjukan sikap yang tidak konsisten terhadap pemberhentian pembangunan reklamasi di pesisir Jakarta.

"Tindak lanjut dari penolakan reklamasi itu, kan dilakukan penyegelan beberapa bangunan yang mengundang wartawan, begitu heboh saat itu kan. Kalau sekarang Pak Anies tiba-tiba menerbitkan IMB di atas lahan reklamasi itu, kan tentunya jadi tanda tanya ada apa di balik itu," kata Gembong saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019).

Diketahui, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengeluarkan IMB atas 932 bangunan di atas lahan kawasan Pantai Maju, atau Pulau Reklamasi.

Menurut Gembong, hal ini dinilai telah menyalahi aturan. Sebab, seharusnya Pemprov DKI Jakarta melakukan revisi Rancangan Peraturan Daerah Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (Raperda Zonasi) terlebih dahulu barulah mengeluarkan IMB.

"Alas untuk menerbitkan IMB itu kan, pertama adalah soal zonasi, kedua adalah tata ruang. Kalau kita lihat di dalam tata ruang kita, sekarang area reklamasi itu dari tata ruang kita itu masih lautan. Belum jadi daratan, walaupun faktanya sudah jadi daratan," kata Gembong.

"Nanti kalau kita lihat di tata ruang kita itu belum jadi daratan, itu harus diubah dulu, dari laut menjadi daratan. Setelah menjadi daratan mau kita ubah menjadi apa? Itu tata ruang kita yang mengatur, sementara tata ruang kita belum direvisi. Pak Anies sudah menerbitkan IMB. Ini kan jelas menyalahi aturan yang ada," tambahnya.

Anies Sebut Pembangunan Reklamasi dan Pemanfaatan Lahan Adalah Dua Hal Yang Berbeda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beri penjelasan terkait terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang ditujukan kepada ratusan bangunan di Pulau Reklamasi.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved