Sampah di Kota Bekasi Meningkat 200 Ton Per Hari Saat Musim Lebaran

Peningakatan ini disebabkan tinggi aktivitas warga selama perayaan lebaran hingga menyebabkan produksi sampah meningkat

Sampah di Kota Bekasi Meningkat 200 Ton Per Hari Saat Musim Lebaran
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Truk Sampah saat masuk ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi 

Laporan Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTAR GEBANG - Volume sampah di Kota Bekasi mengalami peningkatan selama musim lebaran sebanyak 200 ton per hari.

Peningakatan ini disebabkan tinggi aktivitas warga selama perayaan lebaran hingga menyebabkan produksi sampah meningkat seperti plastik dan limbah pasar.

Kepala UPTD TPA Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi, Ulfah Musarofah mengatakan, penambahan jumlah sampah yang terjadi membuat total sampah yang masuk ke TPA setiap harinya menjadi 900 ton per hari.

"Volume normal itu 700 ton per hari, selama musim lebaran meningkat 200 ton per hari selama hampir tujuh hari," kata Ulfah, Minggu (16/6/2019).

Sampah tersebut berasal dari produksi sampah perumahan dan pasar, selama lebaran kata dia, aktivitas warga cenderung meningkat seperti halnya pasokan bahan pangan di pasar, karena mengalami peningkatan otomatis membawa sampah yang lebih banyak.

Sebelum Tewas, Pria yang Tenggelam di Kali Gunung Sahari Sempat Mengonsumsi Miras

"Tapi sekarang sudah kembali nornal yakni 700 ton per hari, petugas selama lebaran terus melakukan pengangkutan ke TPA Sumur Batu," ungkap Ulfah.

Adapun armada truk sampah yang dioperasikan Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 280 unit. Truk sampah itu secara rutin mengangkut sampah dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi.

"Di TPA Sumur Batu terdapat enam zona, saat ini yang masih aktif hanya dua zona dikarenakan empat sudah melebihi kapasitas dan tidak bisa digunkan lagi," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved