Hari Kedua Verifikasi Berkas PPDB SMPN Kota Bekasi, 15 Siswa Mendaftar di Jalur Tahfidz Quran

Selain diuji hafalan alqurannya secara langsung, peserta juga diminta untuk membawa berkas berupa sertifikat hafalan quran dari sekolah

Hari Kedua Verifikasi Berkas PPDB SMPN Kota Bekasi, 15 Siswa Mendaftar di Jalur Tahfidz Quran
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Lokasi Verifikasi berkas PPDB SMPN Kota Bekasi di SDN Margahayu 5 Bekasi Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDP) tingkat SMPN di Kota Bekasi membuka jalur khusus prestasi penghafal alquran atau tahfidz quran.

Sejak kamarin, Senin (17/6/2019), sedikitnya 15 calon siswa telah mendaftar melalui jalur tersebut.

Kabid Pendidikan Dasar Sri Yulianti mengatakan, antusias warga cukup besar dengan dibukanya jalur khusus tahfidz quran. Adapun pada tahapan verifikasi berkas dilakukan di SDN Margahayu V samping Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi, di Jalan Lapangan Tengah, Bekasi Timur.

"Kota Bekasi baru tahun ini mengambil jalur tahfidz quran, kuotanya 2 persen ternyata peminatnya sangat luar biasa, artiya kita kedepan anak yang menguasai alquran, mereka bisa mengaplikasikan ke dalam kehidupannya," kata Sri di SDN Margahayu V, Selasa (18/6/2019).

Pada tahapan ini, siswa yang hendak mendaftar melalui jalur prestasi tahfidz quran akan diuji hafalannya dihadapan petugas dari Kantor Kemenag Kota Bekasi.

Tiga Kurir Narkoba Ditangkap di Kemang, Polisi Sita Ratusan Gram Sabu dan Ekstasi

"Kita menentukan berapa banyak kriteria yang bisa hafal 1-10 itu dapat point 100 , 20 juz 200, hafal 30 juz, nilainya akan 300," ungkap dia.

Selain diuji hafalan alqurannya secara langsung, peserta juga diminta untuk membawa berkas berupa sertifikat hafalan quran dari sekolah dan berkas kelengkapan lainnya.

"Nanti dari tehapan verifikasi ini siswa akan mendapatkan token, token itu akan digunakan untuk mendaftar ke sekolah yabg dituju pada tahap pendaftaran online yang berlangsung, 1-3 Juli mendatang," jelas dia.

Adapun untuk tahapan verifikasi berkas jalur tahfidz quran dibukan hingga tanggal, 20 Juni 2019 mendatang. Warga yang berminat mendaftar di jalur tersebut dapat hadir di lokasi pengujian yang berlangsung di SDN Margahayu V Bekasi Timur.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved