Jika Kuota 2 Persen Tahfidz Quran Tidak Terpenuhi, Akan Dialihkan Untuk Jalur Zonasi Tahap Kedua

Disdik Kota Bekasi menyediakan kuota sekitar 290 kursi untuk jalur prestasi siswa penghafal alquran

Jika Kuota 2 Persen Tahfidz Quran Tidak Terpenuhi, Akan Dialihkan Untuk Jalur Zonasi Tahap Kedua
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Proses verifikasi berkas tahfidz quran PPDB tingkat SMPN Kota Bekasi yang berlangsung di SDN Margahayu 5 Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi membuka jalur baru Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 melalui jalur prestasi tahfidz quran tingkat SMPN.

Sebanyak dua persen kuota dari keseluruhan daya tampung SMPN di Kota Bekasi disediakan khusus untuk calon siswa yang memiliki kemampuan hafalan alquran.

Kepala Disdik Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan, daya tampung keseluruhan SMPN di Kota Bekasi tahun ajaran ini, sebesar 14.544 kursi dari 56 SMPN yang ada diwilayah setempat.

Dua persen dari 14.544 siswa artinya tahun ajaran ini, Disdik Kota Bekasi menyediakan kuota sekitar 290 kursi untuk jalur prestasi siswa penghafal alquran. Namun hingga hari ketiga ini, baru sekitar 29 orang mendaftar di jalur tersebut.

"Jika dua persen kuota tahfidz quran tidak terpenuhi akan dialihkan ke jalur zonasi, jalur zonasi akan dibuka dua tahap pendaftaran," kata Inayatullah saat dikonfirmasi, Rabu (19/6/2019).

Ahok Sebut Langkah Anies Terbitkan IMB Reklamasi Tanpa Perda Hilangkan Pendapatan Kontribusi 15%

PPDB tahun ajaran 2019/2020, Disdik Kota Bekasi membuka tiga jalur pendaftaran. Pertama, jalur zonasi terdiri dari zonasi radius dengan kuota daya tampung sebanyak 83 persen dan afirmasi kuota daya tampung 10 persen.

Kedua, jalur prestasi terdiri dari prestasi berdasarkan nilai USBN dengan daya tampung kuota sebesar 3 persen, prestasi akademik dan nonakademik seperti kejuaraan atau olimpiade daya tampung kuota sebesar 1 persen, dan prestasi dibidang tahfidz quran sebesar 2 persen.

Ketiga, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali bagi peserta didik yang berasal dari anak kandung anggota TNI/Polri, PNS dan Pegawai BUMN.

"Khusus untuk jalur zonasi pendaftaran PPDB Online kita buka dua tahap tanggal 1-3 Juli 2019 dan tahap kedua tanggal 8-9 Juli 2019, di pendaftaran tahap kedua ini merupakan sisa kursi kosong pada pendaftaran tahap pertama baik dari jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orangtua/wali," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved