Selama 3 Tahun, Jumlah Kasus Kekerasan Terhadap Anak di DKI Tertinggi se-Jabodetabek

"DKI Jakarta sejak tiga tahun lalu di posisi pertama. Dari tahun 2017 sampai 2019 belum beranjak, masih di posisi pertama," kata Sirait

Selama 3 Tahun, Jumlah Kasus Kekerasan Terhadap Anak di DKI Tertinggi se-Jabodetabek
Istimewa/dokumentasi Polresta Tangerang.
Ketua Komnas Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait saat Seminar Anak Berkebutuhan Khusus di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Rabu (9/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Komnas Perlindungan Anak (PA) mencatat jumlah kasus kekerasan terhadap anak periode Januari-Juni 2019 di Provinsi DKI Jakarta merupakan yang tertinggi di wilayah Jabodetabek.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan bukan kali saja DKI menempati posisi pertama sebagai wilayah dengan jumlah kasus kekerasan terhadap anak tertinggi di Jabotabek.

"DKI Jakarta sejak tiga tahun lalu di posisi pertama. Dari tahun 2017 sampai 2019 belum beranjak, masih di posisi pertama," kata Sirait di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019).

Di lingkup Jabodetabek periode Januari-Juni 2019, Sirait menuturkan jumlah kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan ke Komnas PA sebanyak 518 kasus.

Jumlah tersebut melonjak 10 persen dibanding periode sama di tahun lalu dengan kenaikan paling mencolok yakni kasus kekerasan seksual.

"Kekerasan seksual yang dilaporkan 14%-nya dilakukan anak usia 15 tahun. Baik dilakukan secara perorangan maupun dilakukan secara bersama lebih dari empat orang," ujarnya.

Baik di ranah privat dan publik, Sirait menyebut anak belum sepenuhnya bebas dari ancaman pelaku kekerasan karena pelakunya acap kali justru orang terdekat.

Tembok yang Tidak Rata Jadi Kendala Pembuatan Mural 3D di Terowongan Jalan Setu Raya Cipayung

Proses Perpanjang SIM di Kota Depok: Antrean Panjang, Godaan Calo, Hingga Rebutan Jasa Laminating

Rekor Buruk di Lamongan, Ismed Sofyan Siap Patahkan Tradisi Tak Pernah Menang di Kandang Persela

Merujuk laporan yang diterima Komnas PA, masih banyak 'predator' kekerasan seksual yang berkiliaran di sekitar anak-anak.

"Dalam laporan itu, rumah, sekolah, ruang publik bahkan boarding school maupun panti-panti menjadi tempat para predator," tuturnya.

Sebagai informasi, di periode bulan Januari-Juni 2019 Komnas PA mencatat terjadi 124 kasus kekerasan terhadap anak, Bekasi 112 kasus, Bogor 103 kasus, Tangerang 98 kasus, dan Depok 89 kasus. 
--

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved