Tips Hilangkan Bau Mulut Usai Makan Petai atau Jengkol Ala Ridwan Kamil

Tips itu merupakan ajaran yang sudah diwariskan keluarga besarnya yang memang senang dengan hidangan berbau khas

Tips Hilangkan Bau Mulut Usai Makan Petai atau Jengkol Ala Ridwan Kamil
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melantik PPIH dan tes makanan/meal test jamaah haji di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Kamis (20/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jawa Barat di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jalan Kemakmuran, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (20/6/2019).

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Emil, berkesempatan melakukan tes makanan atau meal test yang merupakan inovasi baru dari panitia haji untuk memanjakan para calon ibadah haji selama diperjalanan menggunakan paskapai Saudi Arabia Airlines.

"Kalau tadi tiap daerah Embarkasi makanannya akan disesuaikan saya kira itu inovasi yang luar biasa, jadi kalau tadi ternyata karena usia jamaah haji makin sepuh banyak, mengigit daging agak liat (keras) lebih baik mengigit ikan yang lembut saya kira itu luar biasa," kata Emil dalam sambutannya di Bekasi.

"Apalagi Jawa Barat punya ikan macam-macam, saya tidak tahu apa boleh request semur jengkol, kalo boleh itu luar biasa, beuleum peuteuy (pete bakar), saya kira tidak ada masalah jika bisa ditangani," tambahnya sambil bercanda.

Pimpinan DPRD Tangerang Selatan Kesal Sekda dan Asda Tak Hadiri Sidang Paripurna

Bicara soal petai dan jengkol, Emil lalu memberikan tips menghilangkan bau usai menyantap kedua hidangan tersebut. Tips itu merupakan ajaran yang sudah diwariskan keluarga besarnya yang memang senang dengan hidangan berbau khas.

"Kalau bapak makan petai atau jengkol cara menghilangkannya makan kecap manis dua sendok makan setelah melakukan itu (makan petai atau jengkol), itu dijamin udah belasan tahun silahkan dipraktikkan, tidak bau di mulut ataupun di toilet kira-kira begitu," ungkap Emil sambil disambut tawa pada hadirin yang datang.

Emil menyampaikan hal itu di acara pelantikan PPIH Jawa Barat bukan hanya sekedar guyon, menurut infomasi yang dia baca, Arab Saudi saat ini telah mengimpor petai dan jengkol yang dijual disupermarket di negara timur tengah tersebut.

"Jadi mungkin nanti para jamaah yang ridu (makan petai dan jengkol) bisa belanja disupermarket di sana (Arab Saudi) mungkin untuk menambahi (makanan) yang sudah disediakan," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved