VIDEO Pidato Gubernur DKI Jakarta pada Acara Malam Apresiasi MRT Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, memberikan pidato pada acara malam apresiasi MRT Jakarta, di Hotel Le Meridien

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, memberikan pidato pada acara malam apresiasi MRT Jakarta, di Hotel Le Meridien, Jalan Sudirman, pada sekira pukul 20.00 WIB, Rabu (19/6/2019).

Anies, sapaannya, merasa bersyukur karena fase pertama pengerjaan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta selesai.

"Alhamdulillah, kita tentu memulai ini dengan bersyukur bahwa proyek besar sejarah telah berjalan fase pertama dengan amat baik. Dan semua yang hadir di tempat ini, adalah semua pihak yang terlibat langsung, tak selalu nampak di permukaan, tapi memberikan peran dalam munculnya proyek bersejarah ini," kata Anies, kepada para tamu undangan, di Sasono Mulyo Ballroom Hotel Meridien, Jakarta Pusat.

Meski Kondisi Gedung Sekolah Memprihatinkan, SDN Rawa Buntu 3 Tetap Diminati Pendaftar PPDB

Minim Informasi, Polisi Tetap Upayakan Buat Sketsa Mayat Perempuan Hamil di Dekat Tol Jagorawi

Saksi Kubu 02 Bawa Bukti Amplop Suara, KPU Temukan Kejanggalan & Soroti Tulisan yang Tertera

Anies juga menyatakan, persentase antara warga yang menggunakan kendaraan pribadi dengan transportasi umum masih cukup jauh.

Kata Anies, 75 persen warga masih menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara, 25 persen warga menggunakan kendaraan umum.

"Persentese hari ini, 75 persen warga yang menggunakan kendaraan pribadi. Dan 25 persen menggunakan kendaraan umum. Kita ingin di tahun 2030 nanti, angka itu berbalik, 75 persen menggunakan kendaraan umum," Anie berharap.

"Dan itu artinya kerja keras untuk membangun dan mengintegrasikan. Karena membangun saja, tanpa mengintegrasikan tidak akan memberikan intensif bagi orang bertindak dari kendaraan pribadi kepada kendaraan umum," sambungnya.

Maka itu, lanjutnya, MRT menjadi kunci untuk mengubah kebiasaan masyarakat agar menggunakan transportasi publik.

"Karena itu, MRT menjadi salah satu kunci, saya membayangkan MRT ini seperti tulang punggungnya yang nanti akan menjadi pilar penyambung dari seluruh moda transportasi, yang nanti beroperasi di Jakarta. Karena kita tahu, Jakarta 20 tahun yang lalu, 49 persen penduduknya menggunakan kendaraan umum. Hari ini sudah tinggal 25 persen, tidak boleh membiarkan angka ini terus turun," ujar Anies yang mengenakan kacamata.

"Dan alhamdulillah, yang ditargetkan 65 ribu pengguna MRT setiap hari sudah mencapai angka di atas 80 ribu orang," pungkas Anies, disusul dengan tepuk tangan tamu yang hadir.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved