Di Hari Ulang Tahunnya, Jokowi Cek Pembangunan Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta

Jokowi mengatakan kalau pembangunan proyek nasional, Runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta tersebut sudah mencapai 86 persen

Di Hari Ulang Tahunnya, Jokowi Cek Pembangunan Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta
Istimewa/dokumentasi PT. Angkasa Pura II.
Presiden Indonesia, Joko Widodo saat mengunjungi proyek runway tiga Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Tepat harti ini Presiden Indonesia Joko Widodo berulang tahun yang ke-58 tahun.

Ia menyempatkan diri untuk mengecek progres pembangunan proyek landasan pacu atau runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/6/2019).

Jokowi mengatakan kalau pembangunan proyek nasional, Runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta tersebut sudah mencapai 86 persen.

"Runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kita harapkan nanti akhir bulan ini sudah 100 persen," kata Jokowi yang didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Dirinya juga menargetkan pada bulan Juli 2019, runway ketiga tersebut sudah dapat beroperasi untuk menambah daya tampung pesawat terbang di Bandara Soekarno-Hatta.

Diperhitungkan, kata Jokowi, dengan rampungnya runway ketiga itu mampu menambah sekira 40 pesawat terbang dalam satu jam.

Sebab, sebelum ada runway baru ini, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 81 pergerakan per jam.

"Mungkin Juli 2019 nanti diharapkan sudah dioperasionalkan. Sekarang kita memiliki 81 pergerakan setiap jam. Dengan tambahan runway ketiga, akan menjadi 120 pergerakan per jam. Tambahannya hampir 50 persen," jelas dia.

Viral Bayi di Bekasi Diberi Nama Google

Hilangkan Stres, Kadis Binamarga Ngeband di Terowongan Kendal Jakarta Pusat

Sehingga lanjut Jokowi, permintaan slot dari maskapai negara lain yang sudah mengantre seperti Qatar, Saudi, India, Singapura, Malaysia, China dapat dipenuhi.

Menurut Jokowi, setelah Runway 3 dapat dioperasionalkan maka tidak ada lagi pesawat yang holding ketika hendak landing di Bandara Soekarno-Hatta.

"Sekarang inilah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soekarno-Hatta. Dan kita harapkan juga seperti yang kemarin-kemarin mau landijg muter dulu setengah jam, enggak ada lagi setelah ini rampung, Insha Allah enggak ada," ucap Jokowi.

Diketahui, biaya pembangunan Runway dengan ukuran 3.000 x 60 meter ini mencapai Rp 2 triliun, sedangkan biaya pembebasan lahan mencapai Rp 4 triliun dengan total Rp 6 triliun.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved