Masyarakat Terkendala KK untuk Daftar Jalur Zonasi, Kadisdik DKI: Sosialisasi Sudah Kita Lakukan

Sejumlah warga Jakarta Barat terkendala Kartu Keluarga (KK) untuk mendaftarkan anaknya sekolah di jalur zonasi.

Masyarakat Terkendala KK untuk Daftar Jalur Zonasi, Kadisdik DKI: Sosialisasi Sudah Kita Lakukan
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Kadisdik DKI Jakarta Ratiyono, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (8/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Sejumlah warga Jakarta Barat terkendala Kartu Keluarga (KK) untuk mendaftarkan anaknya sekolah di jalur zonasi.

Hal tersebut yang disampaikan petugas di Posko PPDB Online 2019 Jakarta Barat, untuk pendafataran di jenjang SD.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan bila pihaknya sudah lakukan sosialisasi dari Mei 2019.

Ia menjelaskan pada 1 Juni 2019 pihaknya sudah menyebarkan poster hingga di tingkat Rw.

"Jadi waktu bulan puasa, 1 Juni habis upacara saya bagikan poster-poster ini ke semua kantor Rw, Kelurahan dan Kecamatan, sehingga masyarakat sudah bisa membaca," katanya, Jumat (21/6/2019).

"Kalau lewat website sudah lama, sudah dimulai dari awal Mei sudah mulai. Jadi yang secara medsos sudah kita ada di website dan secara fisik kita tempel di Rw dalam upaya supaya masyarakat bisa terinformasikan secara baik," lanjutnya.

Ratiyono pun mempersilahkan masyarakat datang ke posko untuk pengecekan di petugas dari Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di sana.

Nanti, jelasnya, bila KK mereka memenuhi syarat akan lanjut pihaknya layani, sementara yang belum untuk menunggu.

"Tapi kan sebetulnya orang tinggal di Jakarta kan berdasarkan kapan dia mulai tinggal, KK itu kalau dia ngurusnya tepat waktu dan sudah lama ya pasti masuk. Jadi disiplin administrasi menjadi bagian yang penting ketika dia mau tinggal di Jakarta, dari awal dia harus mengurus kepindahannya kalau itu dari daerah," jelas dia.

"Sehingga pelayanan dari pemerintah bisa terlayani secara baik. Jadi orang hidup di Ibu Kota itu harus disiplin dari awal, ini sekaligus mengedukasi masyarakat untuk disiplin dalam tata administrasi kependudukan," tambah dia.

Pasutri Bandar Sabu 5 Kilogram Gonta-ganti Handphone Usai Transaksi Narkoba

Sebelumnya, Surya selaku Operator Posko PPDB 2019 Jakarta Barat, menyampaikan kebanyakan dari masyarakat yang datang ke posko menganggap kalau KK mereka sudah KK DKI.

Namun, dalam aturan di PPDB 2019 ini yang digunakan KK DKI paling akhir tanggal 2 Januari 2019.

"(Sehingga) bagi mereka yang baru buat KK setelah tanggal itu masih dianggap masih luar daerah kan, masih KK luar," kata Surya.

"Jadi diarahkan untuk ikut PPDB luar DKI, jadi tidak bisa ikut zonasi karena KK yang dipakai setelah 2 Januari 2019," lanjutnya.

Penulis: Leo Permana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved