Melihat Poli Forensik RSUD Kota Bekasi, Menjaga Kenyamanan Pasien Dugaan Tindak Kekerasan

"Supaya pasien merasa nyaman, keluhannya tidak terdengar oleh pasien lain di luar kasus dugaan pidana, dokter ahli forensiknya dua orang," ungkap dia.

Melihat Poli Forensik RSUD Kota Bekasi, Menjaga Kenyamanan Pasien Dugaan Tindak Kekerasan
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Ruangan pemeriksaan Poli Forensik dan Medikolegal di RSUD Kota Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi belum lama ini meresmikan layanan Poli Forensik Klinik dan Medikolegal untuk pasien khusus dugaan tindak kekerasan.

Direktur RSUD Kota Bekasi, Kusnanto mengatakan, layanan baru ini dibuka demi memenuhi tantangan masalah sosial yang beragam. Misalnya kata dia, kebutuhan visum terhadap korban dugaan tindak kekerasan seksual pada anak atau korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Karena ini memburuhkan visum hidup, pihak kepolisian juga membutuhkan visum hidup dengan pelayanan yang dapat menjaga kenyamanan dana keamanan pasien," kata Kusnanto, Sabtu (22/6/2019).

Sebelumnya kata dia, layanan forensik untuk pasien diduga korban tindak kekerasan dilayani melalui poli lain dimana pasien bercampur dengan pasien umum lain tanpa memiliki ruangan khusus yang privat.

"Sebelumnya kita tetap membuka layanan forensik, tapi bercampur dengan pasien lain, misal di IDG atau Polikebidnanan untuk korban dugaan tindak pemerkosaan, itu artinya dia masih pasien kebidanan padahal kasusnya sudah masuk ke ranah pidana," kata Kusnanto.

Sekarang kata dia, dengan dibukanya Poli Forensik dan Medikolegal pasien dugaan tindak kekerasan dapat memiliki fasilitas yang lebih privat ditambah penanganan khusus dari dokter speislis forensik.

"Supaya pasien merasa nyaman, keluhannya tidak terdengar oleh pasien lain di luar kasus dugaan pidana, dokter ahli forensiknya dua orang," ungkap dia.

VIDEO Pagelaran Budaya Betawi di Kelurahan Halim

Modal Rp 25 Ribu, Adrian Bawa Pulang Ikan Lima Kilogram Lebih dari Acara Ngubek Empang

Pura-pura Salat, Riski Nekat Curi Ponsel di Masjid Badan Pemeriksa Keuangan

Pantauan TribunJakarta.com, Poli Forensik Klinik dan Medikolegal berada di lantai 3 Gedung B RSUD Kota Bekasi, Jalan Pramuka, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Terdapat dua ranjang pemeriksaan, satu meja doketer, satu meja perawat, dan kursi tunggu untuk keluarga yang mendampingi pasien. Ruangan ini dibuat dengan memanfaatkan ruangan yang telah ada sebelumnya.

"Jadi kita berinovasi memanfaatkan apa yang sudah ada lalu tinggal kita buat programnya dan kita sediakan dokter praktiknya," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved