Jawara Silat Tangsel Turun Gunung, Lebaran Pamer Jurus di Setu

Bagus, anak saya tertarik. Ini kan silat Betawi ya seru juga tadi lihat yang palang pintu," ujar Yusuf.

Jawara Silat Tangsel Turun Gunung, Lebaran Pamer Jurus di Setu
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Forum Silaturahmi (Forsil) Persatuan Silat dan Budaya Tradisional (Persibatra) Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar pertemuan di Jalatreng Riverpark, Setu, Tangsel, Minggu (23/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Forum Silaturahmi (Forsil) Persatuan Silat dan Budaya Tradisional (Persibatra) Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar pertemuan di Jalatreng Riverpark, Setu, Tangsel, Minggu (23/6/2019).

Para jawara dari berbagai padepokan itupun berkumpul dan memamerkan jurus mereka masing-masing dengan segala cirikhasnya.

Para jawara silat setiap padepokan menampilkan murid-murid mereka yang kebanyakan anak kecil untuk memamerkan jurus silat.

Para pengunjung Jalatreng yang ramai di hari Minggu itupun tertarik dan meramaikan pendopo yang diisi pertunjukan silat dan palang pintu hingga aksi seni tabuh bedug.

"Forum ini sebagai pengikat, jangan sampai padepokan itu terpecah-pecah. Kegiatan ini sangat diperlukan generasi muda untuk mengenal budaya Betawi," ujar Dudung E. Diredja, pembina Forsil Persibatra, Minggu (23/6/2019).

Dudung mengatakan, di kondisi Tangsel yang sudah menjadi kota metropolitan, para perguruan silat ini tersembunyi di pelosok-pelosok kampung.

Namun dalam pertemuan bertema lebaran ini, para jawara itu turun gunung untuk berkumpul dan silaturahmi satu sama lain.

"Kalau kita pupuk budaya ini kuar biasa. Potensinya besar. Di pelosok-pelosok itu banyak, ini kita harus dipersatukan, supaya gaungnya itu lebih," ujarnya.

Yusuf, salah satu pengunjung Jaletreng, mengaju tertarik dengan pertunjukan silat para jawara kecil itu.

"Bagus, anak saya tertarik. Ini kan silat Betawi ya seru juga tadi lihat yang palang pintu," ujar Yusuf.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved