Anies Enggan Tanggapi Rencana Fraksi Nasdem Ajukan Hak Interpelasi Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

"Tidak ada tanggapan, kita lihat saja. Tapi kami yakin kalau sesuatu dikerjakan sesuai dengan prosedur yang benar, sesuai dengan ketentuan yang ada

Anies Enggan Tanggapi Rencana Fraksi Nasdem Ajukan Hak Interpelasi Penerbitan IMB Pulau Reklamasi
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi rencana pengajuan hak interpelasi yang digulirkan oleh Fraksi NasDem, DPRD DKI terkait penerbitan IMB di Reklamasi, Senin (24/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi rencana pengajuan hak interpelasi yang digulirkan oleh Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta terkait dengan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Pulau Reklamasi.

Menurut Anies, apa yang dilakukan dalam menerbitkan IMB di Pulau Reklamasi tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang benar.

Anies Baswedan juga meyakini tak ada masalah dengan diterbitkannya IMB tersebut.

"Tidak ada tanggapan, kita lihat saja. Tapi kami yakin kalau sesuatu dikerjakan sesuai dengan prosedur yang benar, sesuai dengan ketentuan yang ada, maka Insha Allah tidak ada masalah," kata Anies Baswedan kepada wartawan, di DPRD DKI Jakarta, Senin (24/6/2019).

Diberitakan sebelumnya Ketua Fraksi Partai NasDem Bestari Barus berencana mengajukan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Anies.

Merasa Dikambinghitamkan Anies Soal Reklamasi, Ahok: Buktinya Pergub Aku Juga Ada yang Dia Ganti Kan

Hak interpelasi tersebut, digulirkan untuk menagih penjelasan soal penerbitan izin mendirikan bangunan di reklamasi tersebut. Sebab, penerbitan IMB itu dinilai Bestari belum ada legalitasnya.

Anies pun sempat menyatakan bahwa kegiatan reklamasi, merupakan hal yang berbeda dengan pemanfaatan lahan hasil reklamasi.

"Ada dua hal yang berbeda. Pertama reklamasi dan kedua pemanfataan lahan hasil reklamasi. Reklamasi adalah kegiatan membangun daratan di atas perairan. Jadi yang dimaksud dengan reklamasi adalah pembuatan lahan baru," kata Anies dalam keterangannya, Kamis (13/6/2019) lalu.

Anies menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan reklamasi adalah pembuatan lahan baru.

Sejauh ini, kata Anies kala itu kegiatan reklamasi telah dihentikan. Izin terkait pembuatan reklamasi pun telah dicabut.

Namun dari 17 pulau yang rencananya akan dibangun, empat pulau diantaranya sudah terbentuk sebagai hasil reklamasi.

Empat kawasan tersebut, yang bakal dimanfaatkan sebagai lahan umum untuk kepentingan publik.

"Faktanya itu sudah jadi daratan. Jadi IMB ini bukan soal reklamasi jalan atau berhenti, tapi IMB adalah soal ijin pemanfaatan lahan hasil reklamasi dengan cara mendirikan bangunan. Dikeluarkan atau tidak IMB, kegiatan reklamasi telah dihentikan. Jadi, IMB dan Reklamasi adalah dua hal yang berbeda," kata dia.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved