Anies Baswedan Sebut Sistem Zonasi Memperbaiki Mutu Sekolah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa salah satu hal yang terpenting dalam dunia pendidikan, adalah perbaikan kualitas tiap sekolah

Anies Baswedan Sebut Sistem Zonasi Memperbaiki Mutu Sekolah
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (24/6/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa salah satu hal yang terpenting dalam dunia pendidikan, adalah perbaikan kualitas tiap sekolah dalam menghasilkan peserta didik setiap tahunnya.

Menurut Anies, salah satu yang kini sedang menjadi fokus pemerintah, adalah membereskan kualitas para gurunya.

Sehingga, para guru tersebut bisa mengikuti dan mengajar dengan berbagai tingkat kemampuan hingga kualitas para siswa.

"Kualitas sekolah itu harus ditingkatkan apapun sistem rekrutmennya. Kalau sekarang ini di Jakarta lebih fokus pada membereskan kualitas gurunya, kualitas sekolahnya, siapapun yang masuk di sekolah itu," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Senin (24/6/2019).

Sistem zonasi yang berlaku dalam Pendaftaran Peserta Didik (PPDB) tahun ini, dinilai Anies dapat meningkatkan mutu sekolah.

Sebab, dengan berlakunya sistem zonasi tersebut seluruh siswa yang masuk dalam sekolah tertentu dalam jangka panjang akan memiliki standar mutu dan kualitas yang sama.

Ia pun menyebut bahwa para orangtua murid tak perlu lagi khawatir soal sekolah mana yang menjadi favorit saat mendaftarkan anak-anaknya.

"Tapi kalau orangtua mengalami ketidakpastian, antara anak nomor satu, dua, tiga, dan empat, lewat cara masuk sekolahnya, maka yang terjadi justru adalah kekhawatiran soal sekolah mana yang lebih favorit. Kalau kita secara serius memperbaiki kualitas sekolahnya, justru nantinya dalam jangka panjang akan merata kualitas itu," kata Anies.

Lagunya Trending 1 YouTube, Suara Ayu Ting Ting Saat Pertama Kali Nyanyi Langsung Diperbincangkan

Aksi Perampokan di Bekasi, Korban Disekap dengan Cara Diikat dan Mulut Dilakban

VIDEO Polres Metro Jakarta Utara Amankan 15 Kilogram Sabu dari Jaringan Pontianak-Jakarta

"Nah, kami ingin fokusnya di dalam sekolah. Persis memperbaiki mutu sekolah, itu semua kita lakukan. Tentu kebutuhan tiap sekolah beda, dilakukannya bukan dengan mengacak anak masuknya, tapi anak masuk dimana saja sesuai dengan kriteria yang ada, tapi ketika di dalam sekolah, sekolahnya ditingkatkan mutunya," papar dia.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved