Tanggapan Angkasa Pura Soal Penutupan Paksa Jalan Perimeter Utara Oleh Warga

"Itu belum cair (uang ganti rugi) karena status tanah RW 15 merupakan tanah sengketa," ujar Yado, Senin (24/6/2019).

Tanggapan Angkasa Pura Soal Penutupan Paksa Jalan Perimeter Utara Oleh Warga
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Penyekatan Jalan Perimeter Utara, Bandara Soekarno-Hatta oleh warga Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Senin (24/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - PT Angkasa Pura II menanggapi aksi unjuk rasa warga yang menutup paksa Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (24/6/2019) pagi.

Lantaran warga Desa Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang kesal tidak ada kejelasan soal pencairan uang ganti rugi pembebasan lahan oleh PT Angkasa Pura II untuk proyek Runway 3.

VP Corporate Communications PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan pihaknya sudah mempercepat proses penuntasan pembayaran ganti rugi bersama Pengadilan Negeri Tangerang dan Badan Pertahanan Nasional.

"Itu belum cair (uang ganti rugi) karena status tanah RW 15 merupakan tanah sengketa," ujar Yado, Senin (24/6/2019).

Lantaran, menurut Yado, ada tiga pihak yang mengklaim sebagai pemilik asli tanah di RW 15 Desa Rawa Rengas tersebut yang menghambat proses pencairan dana.

Yado menekankan bahwa PT Angkasa Pura II telah melakukan proses konsinyasi alias penitipan uang ganti rugi kepada pihak Pengadilan Negeri Tangerang sebesar Rp 430,35 miliar.

"Undang-undang nomor 2 Tahun 2012 itu mengatur untuk bidang-bidang tanah yang dilakukan konsinyasi adalah antara lain bidang yang pemiliknya menolak terhadap nilai ganti kerugian, pemiliknya tidak diketahui dengan jelas dan pihak yang bersengketa kepemilikan lahannya," jelas Yado.

Penyekatan paksa oleh warga tersebut merupakan bentuk nyata warga Rawa Rengas yang menuntut keadilan pihak PT. Angkasa Pura II soal pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Dari pantauan TribunJakarta.com, Jalan Perimeter Utara dari ujung M1 hingga titik tengah perimeter ditutup oleh warga menggunakan tumpukan kayu, potongan pohon pisang, hingga sepeda motor yang di taruh di tengah jalan.

Warga Berencana Tutup Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta Selama Seminggu

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved