Breaking News:

Ini Kendala yang Dihadapi Penyandang Disabilitas di Jakarta Saat Berobat ke Puskesmas

Masalah akses pengobatan yang dikeluhkan Soni bukan jarak dari rumahnya menuju puskesmas, tapi pelayan bagi penyandang disabilitas.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Yogi Madsoni (46) saat ditemui di kediamannya, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (25/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Berbagai harapan dan doa mengiringi HUT ke-492 Jakarta yang jatuh pada Sabtu (22/6/2019) lalu, satu di antaranya agar Ibu Kota jadi wilayah yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

Yogi Madsoni (46), satu warga Jakarta yang merupakan tuna netra mengatakan Pemprov DKI Jakarta kini belum mampu menjamin hak penyandang disabilitas secara keseluruhan.

Pria yang karib disapa Soni dan sudah bermukim di Ibu Kota selama 27 tahun ini mencontohkan sulitnya mendapat akses pengobatan, pun di Puskesmas yang tersedia setiap wilayah.

Masalah akses pengobatan yang dikeluhkan Soni bukan jarak dari rumahnya menuju puskesmas, tapi pelayan bagi penyandang disabilitas.

Komentar Penyandang Disabilitas Soal Sikap Individualis Warga Jakarta

"Seharusnya ada tenaga khusus untuk melayani penyandang disabilitas yang mau berobat ke puskesmas. Jadi ada orang yang mengerti cara penyandang disabilitas berkomunikasi," kata Soni di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2019).

Dia mencontohkan pengalaman temannya yang merupakan tuna rungu saat ingin berkonsultasi terkait pemasangan alat kontrasepsi agar tak sampai menambah anak.

Kala itu dokter Puskesmas memperagakan cara memasang alat kontrasepsi yang dipasang ke jari tangan untuk mencegah istri temannya hamil.

Namun karena masalah komunikasi, teman Soni yang merupakan tuna rungu mengartikan bahwa dia harus memasang alat kontrasepsi di tangannya ketika berhubungan.

"Berapa bulan kemudian teman saya datang lagi ke Puskesmas dan tanya kenapa istri dia masih hamil. Kalau sudah seperti ini siapa yang salah? Menang kesannya remeh, tapi ini penting," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved