Disdukcapil Kabupaten Bekasi Berencana Bangun Mal Pelayanan Publik

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi berencana membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk meningkatkan pelayanan

Disdukcapil Kabupaten Bekasi Berencana Bangun Mal Pelayanan Publik
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Warga mengantre di kantor Disdukcapil Kota Bekasi, untuk mengurus KTP-el, Senin (25/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi berencana membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi warganya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji terkait pembukaan MPP. Sebab, kehadiran gerai pelayanan ini diharapkan dapat memepermudah masyarakat serta memangkas jarak pusat kegiatan pelayanan kependudukan dengan warga yang wilayah tempat tinggalnya jauh dari kantor Disdukcapil.

"Saat ini masih kita kaji, karena MPP ini kita ingin supaya masyarakat lebih mudah dan dekat agar tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Disdukcapil," kata Hudaya kepada TribunJakarta.com, Kamis (27/6/2019).

Kajian ini menyangkut letak MPP nantinya, serta kesiapan sarana dan prasarana yang akan disediakan dalam program layanan terpadu tersebut.

MPP sendiri saat ini telah menjadi tren di beberapa daerah, setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mewacanakan setiap daerah mininal memiliki satu MPP.

Jelang Sidang Putusan Sengketa Pilres, Penjagaan di Gedung MK Diperketat

"Semua itu jadi program prioritas jangka pendek Bupati, kita akan siapkan sarana dan prasarananya untuk merealisasikan program tersebut," ungkap Hudaya.

Disamping itu, untuk layanan kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Bekasi juga telah menyiapkan program lain yakni mobil layanan keliling dan kios pelayanan kependudukan.

"Rencananya akan ada tuga desa yang akan disambangi setiap hari mobil layanan keliling, kalau Kios Catatan Sipil kita akan buka di 7 titik, tugas mereka akan melayani warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan secara online," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved