Breaking News:

Cerita Lahirnya Kaoem Depok dan Riwayat Cornelis Chastelein

Ratu Farah menjelaskan riwayat hidup Cornelis Chastelein yang berasal dari keluarga keturunan pedagang pada zaman kolonial Belanda

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Muslimin Trisyuliono
Kantor Wali Kota Depok di Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas Depok, Kamis (8/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK – Jumat (28/6/2019) kemarin, Kaoem Depok atau kaum mardiker yang masih ada di Kota Depok, Jawa Barat, merayakan hari lahirnya yang ke-305 tahun.

Dilansir dari situs wikipedia, kaum mardiker adalah sebutan umum pada abad 17 masehi hingga 18 masehi untuk para bekas budak di Asia dan Afrika, yang telah dimerdekakan bersama keturunan hingga mengikuti budaya penjajahnya.

Di Kota Depok, kaum mardiker lahir setelah Cornelis Chastelein wafat pada 28 Juni tahun 1714 silam di usianya yang ke-56 tahun.

"Jadi mereka ini menganggap dirinya terlahir ketika Chastelin wafat dan mereka dimerdekakan. Sebelum wafat dia sudah menulis surat wasiat yang menyebut para budaknya itu dimerdekakan dan diberi tanah yang namanya Depok. Makanya mereka merasa terlahir,” ujar Ketua Umum Depok Herittage Community Ratu Farah Diba saat dikonfirmasi, Minggu (30/6/2019).

Ratu Farah mengatakan, untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa Cornelis Chastelin, akhirnya setiap tanggal 28 Juni diperingati sebagai hari lahir Kaoem Depok yang diisi dengan sejumlah acara seperti doa bersama, sosial, hingga hiburan.

Ketika awal terlahir, Kaoem Depok terdiri dari 12 marga yang diantaranya adalah Bacas, Isakh, Jacob, Jonathans, Joseph, Laurens, Leander, Loen, Samuel, Soedira, Tholense dan Zadokh.

Namun, saat ini marga tersebut hanya tersisa 11 karena marga Zadokh sudah tidak lagi memiliki keturunannya di Kota Depok.

“Saat ini hanya tinggal 11, satu marga sudah enggak ada yaitu marga Zadokh karena kan sudah tidak ada lagi keturunannya,” ucap Ratu Farah.

Sedikit bercerita, Ratu Farah menjelaskan riwayat hidup Cornelis Chastelein yang berasal dari keluarga keturunan pedagang pada zaman kolonial Belanda.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved