Adhyaksa Dault Berniat Jadi Calon Wagub DKI Jakarta, Ini Kata Wakil Ketua Pansus

Selain itu, hadirnya nama-nama baru bagi cawagub DKI Jakarta juga bisa terjadi apabila paripurna yang digelar oleh anggota dewan tidak mencapai kuorum

Adhyaksa Dault Berniat Jadi Calon Wagub DKI Jakarta, Ini Kata Wakil Ketua Pansus
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Anggota DPRD terpilih periode 2014-2019 Bestari Barus dari fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) saat ditemui di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Rabu (3/9/2014). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR- Wakil Ketua Pansus Wagub DKI Jakarta, Bestari Barus mengatakan masih ada peluang bagi nama-nama baru untuk masuk ke dalam bursa cawagub DKI pengganti Sandiaga Uno, termaksud Mantan Menpora Adhyaksa Dault.

Peluang tersebut, dijelaskan oleh Bestari Barus akan terbuka bila kedua partai pengusung baik PKS dan Gerindra menarik kembali nama calon yang sudah diusulkan sebelum ditetapkan oleh panitia pemilihan.

Calon tersebut adalah Mantan wakil wali kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretaris DPW PKS Agung Yulianto.

"Sebelum ditetapkan sama Panlih (panitia pemilihan), partai pengusung masih bisa menarik (calon). Masih bisa, melalui gubernur bisa menarik. Penetapannya dilakukan setelah pansus tatib (tata tertib) selesai. Pansus tatib itu di hari Senin tanggal 8 Juli mungkin;" kata Bestari, Senin (1/7/2019).

Selain itu, hadirnya nama-nama baru bagi cawagub DKI Jakarta juga bisa terjadi apabila paripurna yang digelar oleh anggota dewan tidak mencapai kuorum.

Artinya, pada saat pemilihan perolehan suara yang dimaksud harus terdiri dari 2/3 anggota dewan, atau 50 persen + satu anggota.

Ia pun menyebut akan membawa keputusan pada rapat pimpinan apabila dalam dua kali paripurna pemilihan calon tidak mencapai kuorum.

"Kalo kuorum wajib milih. Kalo kuorum maka pemilihan terjadi. Kalo tidak kourum dua kali, maka dibawa ke rapat pimpinan untuk ambil keputusan. Rapim itu memutuskan apakah pemilihan ulang atau kemudian memulangkan calon, atau yang lain nanti diputuskan di rapat itu," kata Bestari.

Ketua DPRD DKI : Mantan Menpora Adhyaksa Dault Ingin Mencalonkan Diri jadi Wagub DKI

Temui Ketua DPRD DKI, Adhyaksa Dault Ingin Kursi Wagub DKI Cepat Terisi

62 Anggota Polres Jakarta Utara Naik Pangkat

Diketahui, sebelumnya Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan bahwa Mantan Menpora Edhyaksa juga ingin mencoba mencalonkan diri sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno apabila memiliki kesempatan.

Prasetyo mengatakan, bahwa keinginan tersebut disampaikan ketika Adhyaksa mengunjungi rumah dinasnya dalam rangka silaturahmi pasca lebaran Idul Fitri tadi pagi.

"Adhyaksa Dault tadi ke rumah saya. Ya pertama dia silaturahim, dia juga rekan saya, teman saya di KNPI. Yang kedua juga ya beliau juga ingin mencoba, maulah istilahnya, mau juga mencalonkan (wagub DKI). Mau juga, ya kalau bisa," kata Prasetyo di DPRD DKI Jakarta, Senin (1/7/2019).

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved