PPDB 2019

Hanya 50 Persen Peserta PPDB SMP yang Diterima di Sekolah Negeri Kabupaten Tangerang

Pemda Tangerang akan melakukan sistem oper ke sekolah swasta juga akan sesegera mungkin membuat gedung baru di wilayah pesisir

Hanya 50 Persen Peserta PPDB SMP yang Diterima di Sekolah Negeri Kabupaten Tangerang
TribunJakarta/Ega Alfreda
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat melakukan inspeksi dadakan di SMPN 3 Kabupaten Tangerang pada hari pertama PPDB tingkat SMP, Senin (1/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Hanya sebanyak 50 persen calon murid Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Tangerang yang dapat diterima di sekolah negeri.

Setengahnya lagi, terpaksa bersekolah di SMP swasta yang berlokasi di Kabupaten Tangerang.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, alasannya karena sistem zonasi dan minimnya fasilitas dan ketersediaan sekolah negeri di Kabupaten Tangerang.

"Memang nantinya dari seluruh peserta yang mendaftar hanya 50 persen saja yang dapat diterima di negeri. Hal ini harus dipahami setelah memang fasilitas sekolah yang ada di Kabupaten Tangerang masih kurang," ujar Zaki di SMP Negeri 3 Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (1/7/2019).

Namun, Pemda Tangerang akan melakukan sistem oper ke sekolah swasta juga akan sesegera mungkin membuat gedung baru di wilayah pesisir Kabupaten Tangerang.

"Adanya sistem zonasi seperti ini tentunya membuat kita untuk terus membangun sekolah dekat dengan masyarakat terutama wilayah padat dan wilayah pesisir," sambungnya.

Zaki juga mengaku dalam penerapan penerimaan calon didik, Kabupaten Tangerang belum bisa menerapkan sistem online seperti daerah lainnya.

Sebab masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan sistem online dikhawatirkan mempersulit proses penerimaan.

Tiba di Mapolresta Depok, Pembunuh Purnawirawan TNI AL Diam Seribu Bahasa Hingga Berjalan Pincang

Cegah Vandalisme, Sejumlah Kolong Tol di Pesanggrahan Dicat Mural

HUT Ke-73 Bhayangkara, Mapolrestro Jakarta Selatan Kedatangan Belasan Karangan Bunga

Sementara, Kepala Humas SMPN 3 Tigaraksa Koko Arqom Ibnu Mahal menjelaskan, untuk PPDB online ini ia menyediakan 252 kuota siswa baru.

Untuk sistem zonasi wilayah 80 persen atau 203 siswa, zonasi prestasi 15 persen atau 37 siswa, perpindahan orang tua dari luar wilayah lima persen atau 12 siswa.

"Kami hanya menerima 252 siswa dengan 7 kelas, karena fasilitasnya kurang jadi kita tetap mengikuti aturan pemerintah," papar Koko.

Dari data yang didapatkan, hanya ada 86 SMP negeri di Kabupaten Tangerang dari 29 kecamatan.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved