Pemkot Jakarta Pusat Jamin Seluruh Kebutuhan Korban Kebakaran di Tanah Abang Terpenuhi

Sesuai standar operasional yang berlaku, dalam kurun waktu satu jam setelah kebakaran, pihaknya telah menyiapkan sejumlah bantuan

Pemkot Jakarta Pusat Jamin Seluruh Kebutuhan Korban Kebakaran di Tanah Abang Terpenuhi
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Sejumlah warga RT 16/09 Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat tampak mengais sisa kebakaran dan membersihkan puing bangunan rumah mereka, Minggu (30/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Pemerintah Administrasi Kota Jakarta Pusat menjamin, seluruh kebutuhan korban kebakaran di kawasan Tanah Abang terpenuhi.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Jakarta Pusat M. Fahmi saat meninjau distribusi penyaluran bantuan di Jalan Jatibunder, RT 16/09, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ia mengatakan, sesuai standar operasional yang berlaku, dalam kurun waktu satu jam setelah kebakaran, pihaknya telah menyiapkan sejumlah bantuan, mulai dari makanan hingga pakaian bagi korban kebakaran.

Sejumlah warga tampak mengais puing-puing sisa kebakaran di rumah mereka gang terletak di Jalan Jatibunder, RT 16/09, Kebon Melati, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019).
Sejumlah warga tampak mengais puing-puing sisa kebakaran di rumah mereka gang terletak di Jalan Jatibunder, RT 16/09, Kebon Melati, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

"Kebutuhan pangan, sandang, dan papan, termasuk pakaian sudah dipenuhi oleh Sudin Sosial, kemudian makan sehari tiga kali dengan bekerja sama dengan Baznas serta Sudin Sosial juga sudah terpenuhi," ucapnya, Senin (1/7/2019).

Tak hanya itu, ia menyebut, pihaknya juga telah bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk menjamin kesehatan warga terdampak kebakaran.

Bahkan, Pemkot Jakarta Pusat juga twLh menyediakan konseling bagi anak-anak korban kebaran.

"Untuk kesehatan, kami kerja sama dengan puskesmas terdekat. Sedangkan kalau untuk psikis, ada konselingnya," ujarnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya telah melakukan pendataan terhadap korban terdampak kebakaran.

Sejumlah warga RT 16/09 Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat tampak mengais sisa kebakaran dan membersihkan puing bangunan rumah mereka, Minggu (30/6/2019).
Sejumlah warga RT 16/09 Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat tampak mengais sisa kebakaran dan membersihkan puing bangunan rumah mereka, Minggu (30/6/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

Dari 80 Kartu Keluarga (KK) yang terdampak kebakaran, sebanyak 60 KK diantaranya meryoakan pendatang dan sisanya 20 KK merupakan warga asli Tanah Abang.

Terkait dokumen kependudukan, Pemkot Jakarta Pusat siap membantu seluruh pengurusan KTP, KK, maupun ijazah yang hangus terbakar.

"Kami pastikan semua terpenuhi, terkait dukcapil akan kami data dan kami bantu. Perlengkapan sekolah nagi anak juga telah kami siapkan," kata dia.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved