Breaking News:

Anies Soroti Pentingnya Kolaborasi Pemerintah dan Institusi Wartawan Saat Pelantikan Pengurus PWI

"Karena itu, kita bicara independensi, objektivitas karena penjurunya itu, kepercayaan. Ini yang ingin coba kita sama-sama lakukan," ujarnya.

TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Pelantikan pengurus baru PWI Jaya digelar di kantor Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (1/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti soal pentingnya kolaborasi antara pemerintah dengan wartawan dalam membantu menginformasikan program pembangunan, dan penyelenggaraan pelayanan publik untuk masyarakat.

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya Periode 2019-2024, yang digelar di Balai Agung, Balaikota Jakarta, hari ini.

"Alhamdulillah bersyukur menjadi saksi pelantikan pengurus baru. Saat ini peran pemerintah menjadi penting kembali di dalam rujukan informasi. Dalam proses ini, institusi pemerintah dan institusi wartawan (PWI) tetap harus menjadi mitra kerja," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Lewat media massa, Anies menilai bahwa Pemerintah Daerah bisa mendapat begitu banyak aspirasi melalui pemberitaan yang mengungkapkan sisi di masyarakat.

Bayi Google Dapat Bingkisan dari Google Indonesia,Ibu Sempat Tak Setuju Sekarang Jadi Percaya Diri

Lewat pemberitaan tersebut, pemerintah mengetahui persis mengenai masalah-masalah yang harus dibereskan.

Ia pun mengatakan penting untuk mendorong kolaborasi antar pemerintah dan wartawan dalam hal tersebut.

"Di sisi lain, apa yang kita kerjakan disampaikan lewat media. Jadi, ini sebuah kolaborasi penting yang harus kita dorong bersama,” kata Anies.

Sebagai orang nomor satu di Ibu Kota, Anies berharap dalam penyampaian informasi penyelenggaraan pembangunan di Jakarta, para insan pers menyampaikannya dengan mengedepankan prinsip-prinsip independen, konstruktif, seimbang, obyektif dan bertanggung jawab.

Sebab, sebagai insan pers para wartawan memiliki tugas penting untuk membangun kepercayaan masyarakat.

Merasa Dikambinghitamkan Anies Soal Reklamasi, Ahok: Buktinya Pergub Aku Juga Ada yang Dia Ganti Kan

"Karena itu, kita bicara independensi, objektivitas karena penjurunya itu, kepercayaan. Ini yang ingin coba kita sama-sama lakukan," ujarnya.

Anies pun menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dan sinergi PWI Jaya yang selama ini telah ditanamkan dan dibangun bersama dengan Pemprov DKI Jakarta.

Ke depannya, PWI Jaya diharapkan dapat terus meningkatkan dan menguatkan sinergi, koordinasi, dan kerja sama dalam penyampaian berita atau informasi yang bermanfaat bagi kepentingan pengembangan dunia pers, pemerintah, dan masyarakat di Jakarta.

"Mudah-mudahan pengurus PWI Jakarta akan bisa menjadi pemancar kepercayaan bagi masyarakat," kata Anies.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved