Mengenal Jakarta dari Kacamata Pemandu Wisata Melalui Buku "Bukan Ratu Sejagat"

Buku tersebut merupakan memoar dan catatan pengalamannya menjadi seorang pemandu wisata selama belasan tahun

Mengenal Jakarta dari Kacamata Pemandu Wisata Melalui Buku
TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih
Ira Lathief saat mempromosikan buku terbarunya "Bukan Ratu Sejagat" di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMANSARI - Belasan tahun menjadi seorang pemandu wisata (tourist guide) membuat seorang Ira Lathief terus berkarya melalui belasan buku yang ia tulis.

Buku Bukan Ratu Sejagat menjadi buku ke -17 yang ia luncurkan bulan ini.

Buku tersebut merupakan memoar dan catatan pengalamannya menjadi seorang pemandu wisata selama belasan tahun, khususnya di Jakarta.

Pengalaman selama belasan tahun berinteraksi dengan berbagai orang dari berbagai suku bangsa, membuat Ira lebih mengenal negeri sendiri dan kota yang ditinggali.

"Buku ini bukan saja bercerita tentang Jakarta dan Indonesia, tapi juga akan membuka wawasan pembaca tentang begitu banyak hal berharga di sekitar kita yang mungkin luput anda perhatikan," ujar Ira Lathief saat ditemui TribunJakarta.com, baru - baru ini.

Melalui kisah-kisah menarik, menggelikan dan mengharukan tentang Jakarta dan Indonesia dari sudut pandang seorang Tourist Guide, Buku tersebut menurut Ira juga akan mengajak pembaca berkontemplasi dan mengenal lebih dalam tentang tanah air, kampung halaman, juga identitas diri.

“Kita seringkali berjalan hingga jauh mencari “emas” dan “permata”, tapi kita sering lupa bahwa sebenarnya hal hal yang berharga itu ada di depan mata dan bisa ditemukan di sekitar kita sendiri," tambah Ira.

Buku Bukan Ratu buku pertama memoar pertamanya dalam format digital book yanh bisa dibeli atau dibaca hanya via aplikasi BOOKSLIFE denga harga Rp 30 ribu.

Format digital book dipilih Ira Lathief untuk bukunya yang ke-17 kali ini selain untuk menyesuaikan perkembangan zaman yg semakin Go Digital juga supaya orang yang berada dimanapun bahkan tinggal jauh dari indonesia, bisa beli dan membaca buku ini.

Istri Sopir Jokowi Tewas Tertabrak Truk di Solo: Gibran Urus Jenazah Hingga Polisi Periksa 6 Saksi

Begini Suasana di Lahan Stadion BMW di Jakarta Utara

Ira lathief adalah seorang creative thinker, creativepreneur, tourist guide dan penulis belasan buku yang beberapa di antaranya pernah menjadi National Best Seller seperti Normal is Boring dan Do What You Love, Love What You Do.

Memiliki Gelar S1 dari Jurusan Hubungan Internasional Unpad, Gelar S2 dari Jurusan Komunikasi Universitas Indonesia dan pernah belajar Ilmu Filsafat tingkat Doktor di Universitas Indonesia, Ira pernah memiliki pengalaman menjadi Duta Indonesia dalam berbagai program pertukaran pemuda dan mengunjungi belasan negara.

Dirinya membangun karir sebagai tourist guide part time sejak mahasiswa.

Sebagai seorang tourist guide, ia pernah terpilih sebagai Perwakilan Indonesia dalam ajang pertukaran Tourist Guide tingkat Jepang- Asean di tahun 2016.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved