Banyak Penelitian Keren LIPI Tak Jadi Produk Karena Industri Ogah Kerja Sama

Sayangnya, penelitian mereka banyak yang hanya sampai lab, tidak diproduksi sebagai sebuah produk

Banyak Penelitian Keren LIPI Tak Jadi Produk Karena Industri Ogah Kerja Sama
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Peneliti Laser, Isnaeni, saat menjelaskan cara kerja Laser Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS), di laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fisika, di Kompleks Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (2/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Indonesia memiliki peneliti hebat di berbagai bidang. Mereka bekerja di laboratoriumnya siang malam demi menemukan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berguna bagi masyarakat

Sayangnya, penelitian mereka banyak yang hanya sampai lab, tidak diproduksi sebagai sebuah produk.

Selasa (2/7/2019), beberapa peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fisika, memaparkan hasil penelitiannya di gedung 442 Kompleks Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

Rike Yudiyanti, Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI, memaparkan singkat kegiatan penelitian yang sedang dilakukan di instansinya.

Beberapa penelitian di bidang energi kelistrikan adalah fuel cell, baterai litium, dan turbin angin. 

“Fuel cell merupakan piranti pembangkit listrik yang terbarukan dan ramah lingkungan karena tidak bising dan produk sampingnya hanya air atau uap air,” ujar Rike. 

Fuel cell memiliki keunggulan dengan efisiensinya yang tinggi 60%, fleksibel, portabel, kerapatan daya yang besar, dan memerlukan waktu start-up relatif lebih cepat. 

Pada kegiatan laser, Pusat penelitian Fisika LIPI menghadirkan teknologi alternatif untuk mendeteksi bahan berbahaya dan beracun, yaitu teknologi laser spectroscopy, photoluminescence dan raman spectroscopy.

Ketiga teknik tersebut menggunakan laser sebagai sumber deteksinya dan tidak memerlukan sampel uji, sehingga pengujian bisa cepat. 

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved