PPDB 2019

PPDB Online Ditutup Hari Ini, Calon Peserta Tidak Lolos Bisa Daftar Kembali di Gelombang Kedua

"Tanggal 7 Juli 2019 akan kita umumkan berapa jumlah bangku kosong yang masih tersisa, selanjutnya akan dibuka gelombang kedua.

PPDB Online Ditutup Hari Ini, Calon Peserta Tidak Lolos Bisa Daftar Kembali di Gelombang Kedua
KOMPAS.COM/Anggita Muslimah
Pedestrian di depan Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi, Senin (17/7/2017). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN Kota Bekasi di tutup hari ini, Rabu (3/7/2019), sejak pukul 15.00 WIB. Siswa yang tidak lolos dapat mencoba mendaftar kembali pada gelombang kedua yang dibuka 8-9 Juli 2019 mendatang.

"Untuk tahap pertama sudah ditutup pendaftaran ya, sejak tiga hari kita buka, mereka yang tidak lolos bisa mencoba kembali di PPDB gelombang kedua," kata Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Mawardi, Rabu (3/7/2019).

Mawardi menjelaskan, untuk siswa yang lolos, pengumuman hasil seleksi akan resmi diumumkan besok, Kamis (4/6/2019). Calon peserta didik dapat melihat hasil pengumuman di wrbsite https://bekasi.siap-ppdb.com/.

Untuk pendaftaran PPDB gelombang kedua, Disdik Kota Bekasi akan mengalokasikan kuota pendaftaran dari jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua yang masih kosong.

"Tanggal 7 Juli 2019 akan kita umumkan berapa jumlah bangku kosong yang masih tersisa, selanjutnya akan dibuka gelombang kedua.

Khusus untuk gelombang kedua ini, pendaftaran hanya dibuka melalui jalur zonasi.

Untuk itu, calon peserta didik diminta untuk benar-benar cermat memilih sekolah tujuan yang paling dekat dengan tempat tinggalnya.

Marak Komplain Jarak Zonasi Eror, Wakil Wali Kota Bakal Evaluasi Pelaksaan PPDB

"Pilihlah sekolah yang paling dekat dengan rumah dan cermati mana sekolah yang kuotanya masih banyak tersedia," imbuhnya.

Adapun dari 30 ribu siswa yang melakukan verifikasi pra pendaftaran untuk mengikuti tahapan PPDB, hanya ada 22 ribu calon siswa yang benar-benar melakukan pendaftaran online pada tanggal 1-3 Juli 2019.

"Sebagian mungkin ada yang mengurungkan niat untuk mendaftar di SMP Negeri, atau sebagian bisa juga memilih mendaftar pada gelombang kedua nanti," ucapnya.

PPDB Tahun ajaran 2019/2020 SMPN Kota Bekasi dibuka melalui tiga jalur pertama jalur zonasi sebanyak 83 persen, kedua jalur prestasi sebanyak 15 persen dan jalur perpindahan tugas orang tua sebanyak 2 persen.

Terdapat 56 SMPN di Kota Bekasi dengan daya tampung sebesar 14.544 kursi. Jumlah siswa lulusan SD/MI di Kota Bekasi yang hendak meneruskan pendidika ke jenjang SMP pada tahun ajaran ini sebanyak 43.768 siswa.

Kondisi ini membuat kesempatan siswa yang dapat masuk di sekolah negeri hanya sebesar 31 persen dari total lulusan SD/MI di Kota Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved