Bulan September 2019, Polisi Tambah 81 Kamera Canggih Tilang Elektronik

"Ada 81 kamera tambahan yang rencananya akan dipasang antara bulan 9-10 nanti," ucapnya saat dikonformasi, Jumat (5/7/2019).

Bulan September 2019, Polisi Tambah 81 Kamera Canggih Tilang Elektronik
KOMPAS.COM/MAULANA MAHARDHIKA
CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menyebut, pihaknya berencana menambah 81 kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di beberapa titik.

Menurut rencana, kamera tersebut akan dipasang sekira bulan September hingga Oktober 2019 mendatang menggunakan dana subsidi dari Pemprov DKI Jakarta.

"Ada 81 kamera tambahan yang rencananya akan dipasang antara bulan 9-10 nanti," ucapnya saat dikonformasi, Jumat (5/7/2019).

Lebih lanjut ia menerangkan, sebanyak 81 kamera canggih tersebut nantinya akan dipasang secara bertahap di sejumlah ruas jalan di ibukota.

"Pertama itu di jalur mulai Kota Tua samlai Gajah Mada, Simpang Harmoni hingga Medan Merdeka Barat, sampai dengan arah Blok M," ujarnya.

Lima Hari Tilang Elektronik Beroperasi, Polisi: Pelanggar Tak Pakai Safety Belt Terbanyak

Kemudian, pemasangan tahap kedua akan dilakukan mulai dari kawasan Grogol sampai Bandara Halim Perdanakusuma di Jalan Gatot Subroto.

"Tahap ketiga itu mulai Jalan Rasuna Said di kawasan Kuningan hingga ke Mampang, dan keempat mulai Cawang melalui DI Panjaitan sampai Cempaka Putih," kata Yusuf.

Nantinya, sebanyak 81 kamera tambahan tersebut akan memiliki fitur yang sama dengan kamera yang saat ini sudah terpasang.

Seperti dapat mengidentifikasi pengendara yang menerobos lampu merah, malanggar marka jalan, dan tidak mengenakan sabuk keselamatan saat berkendara.

Bahkan, kamera tersebut juga dapat mengetahui pengendara yang bermain ponsel saat berkendara dan yang melanggar peraturan ganjil genap hingga melanggar batas kecepatan maksimum.

Hari Keempat Penerapan Tilang Elektronik, Polisi Catat Ada 228 Pelanggaran

Berikut 10 titik penempatan kamera E-TLE yang sudah terlebih dahulu terpasang di Jakarta :

1. Jembatan penyeberangan orang (JPO) MRT Bundaran Senayan
2. JPO MRT Polda Semanggi
3. JPO depan Kementerian Pariwisata
4. Jembatan penyeberangan MRT dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia
5. Flyover Jalan Layang Non Tol Sudirman ke Thamrin
6. Flyover Jalan Layang Non Tol Thamrin ke Sudirman
7. Simpang bundaran Patung Kuda
8. Simpang TL Sarinah Bawaslu
9. Simpang TL Sarinah Starbucks
10. JPO Plaza Gajah Mada

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved