Cerita Petani Cibarusah Bekasi Gagal Panen Akibat Kekeringan

Sawah di Cibarusah mayoritas mengandalkan pengairan dari aliran Kali Cihoe atau Kali Cipamingkis

Cerita Petani Cibarusah Bekasi Gagal Panen Akibat Kekeringan
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Sawah di Kecamatan Cibarusah mengalami gagal panen akibat kekeringan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, CIBARUSAH - Kekeringan yang melanda Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi membuat sejumlah petani resah lantaran padi tanamannya gagal panen.

Aan (45), petani asal Desa Sirnajati menceritakan, selama dua bulan terakhir, hujan tak kunjung turun di Cibarusah. Padi yang dia tanam di sawah garapannya tidak bisa tumbuh subur lantaran air irigasi mengering. 

"Terakhir hujan awal puasa, sampe sekarang enggak hujan lagi, irigasi kering padi kalau enggak kena airkan enggak subur," kata Aan kepada TribunJakarta.com, Jumat (5/7/2019). 

Aan merupakan petani yang menggarap lahan seluas 3.000 meter. Setiap tahun dia memanen padi sebanyak dua kali dengan hasil jika panen sempurna dapat menghasilkan sebanyak 1,5 ton. 

"Tapi kalau gagal panen gini paling dapet berapa karung, enggak ampe ton-tonan," ungkapnya. 

Meski gagal panen, Aan tetap mengambil sedikit demi sedikit padi yang dia tanam, hasil gagal panen ini tidak akan cukup untuk memutar modal yang sudah dia keluarkan untuk menggarap sawah seluas 3.000 meter.

"Tetep dipanen cuma gitu kosong enggak keambil, gabah doang enggak isinya, paling dari 3.000 meter cuma dapet dua karung," jelas dia. 

Modal untuk menggarap sawah seluas 3.000 meter memerlukan modal sekitar Rp 1,5 juta. Modal itu jika dapat hasil panen sempurna dapat menghasilkan keuntungan sekutar Rp 5-7 juta. 

"Kalau gagal gini gimana mau balik modal, yang ada rugi, hampir tiap tahun begini, tahu lalu sempet sebagian gagal panen tapi masih ada yang bisa keangkut, tapi kalau sekarang lebih parah cuma dikit hasilnya," ujar dia. 

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved