Ibadah Haji 2019

Layani Pemberangkatan Haji dari 4 Provinsi, Bandara Soekarno-Hatta Siap 90 Persen

Bandara Soekarno-Hatta sendiri nantinya akan melayani pemberangkatan jemaah calon haji dari empat wilayah.

Layani Pemberangkatan Haji dari 4 Provinsi, Bandara Soekarno-Hatta Siap 90 Persen
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Kementerian Haji dan Umrah bersama Imigrasi Arab Saudi sidak kesiapan keberangkatan haji di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (5/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Menjelang masa keberangkatan Haji periode 2019, Kementerian Haji dan Umrah bersama Imigrasi Arab Saudi melakukan pengecekan kesiapan fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta.

Kementerian Haji dan Umrah terpantau berkeliling dan melakukan pengecekan kesiapan fasilitas keberangkatan jemaah calon haji di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (5/7/2019).

Dari pantauan TribunJakarta.com di lokasi, pengecekan dimulai dari lounge umrah yang akan menjadi lokasi kedatangan jemaah dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Pre clereance dari imigrasi Arab Saudi di Lounge Umrah Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (5/7/2019).
Pre clereance dari imigrasi Arab Saudi di Lounge Umrah Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (5/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Parkir lounge umrah dapat memuat setidaknya lima bus pengangkut jemaah calon haji sebelum bertolak ke tanah suci.

Turun dari bus, para jemaah calon haji akan menjalani pengecekan passport, sidik jadi dan foto di pre clereance dekat fasilitas ruang tunggu dan konter Imigrasi Arab Saudi.

Sedangkan, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, kalau Bandara Soekarno-Hatta sudah matang dalam hal kesiapan pengangkutan jemaah calon haji.

"Sampai pagi ini progresnya sudah hampir 99 persen, hanya kurang signage. Misal batas suci di musala dan lainnya. Kami persiapkan tahun haji ini dengan baik dan kita tahu even ini adalah rutin dan kita sangat dukung program pemerintah khususnya kenyamanan jemaah haji," kata Haryadi, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, untuk sisi penerbangan, pihak Angkasa Pura (AP) II juga sudah mempersiapkan stamp permanen selama musim haji dan rua remote stand untuk kapasitas pesawat berbadan besar Wide Body.

Bandara Soekarno-Hatta sendiri nantinya akan melayani pemberangkatan jemaah calon haji dari empat wilayah.

Yakni DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jawa Barat.

Nantinya, Bandara Soekarno Hatta akan melakukan pemberangkatan jamaah haji yang berasal dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jawa Barat.

"Hanya empat wilayah saja yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan semua sudah terkoordinasi dengan baik. Untuk kloter pertama nani dari Jawa Barat yaitu Kabupaten Bogor pada 7 Juli," kata Haryadi.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved